Sabtu, 19 April 2014

News / Regional

KPU Jateng Tetapkan Tiga Pasangan Cagub

Kamis, 11 April 2013 | 14:50 WIB

Baca juga

SEMARANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah menetapkan adanya tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 yang akan digelar 26 Mei mendatang. Penetapan pasangan calon dilakukan melalui rapat pleno pada Kamis (11/4/2013).

Ketiga pasangan calon yakni gubernur petahana Bibit Waluyo yang berpasangan dengan Sudijono Sastroatmodjo. Pasangan ini diusung koalisi tiga partai yakni Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pasangan kedua yang lolos adalah Ganjar Pranowo berpasangan dengan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Pasangan berikutnya yakni Sekda Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo yang berpasangan dengan Bupati Sumedang Don Murdono. Keduanya diusung enam partai koalisi PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, Hanura dan PKNU.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah M Fajar Subhi A.K. Arif mengatakan penetapan didasarkan pada keputusan KPUD Nomor: 13/Kpts/KPU-Prov-012/11/IV/2013 tertanggal 11 April 2013. Hasil keputusan tersebut ungkapnya sudah disampaikan pada tim sukses pasangan calon masing-masing.

"Ketiga pasangan ini dinyatakan memenuhi persyaratan sesuai ketetapan KPU, tentunya setelah dilakukan verifikasi dan penelitian," ujarnya.

Sejumlah persyaratan tersebut antara lain surat pernyataan berketuhanan Yang Maha Esa, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, laporan harta kekayaan serta visi misi dari pasangan calon. Dengan penetapan tersebut, KPUD akan mempersiapkan agenda selanjutnya yakni pengundian nomor urut calon.

"Tahapan yang dilakukan sudah dari pendaftaran, tes kesehatan dan lainnya hingga penetapan ini. Semua berjalan lancar, sedang pengundian nomor urut calon akan dilangsungkan pada 16 April nanti secara terbuka,"ujarnya.


Penulis: Kontributor Semarang, Puji Utami
Editor : Kistyarini