Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Perseorangan Pilkada Kediri Mulai Mendaftar

Kompas.com - 11/04/2013, 11:14 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Kediri, Jawa Timur, membuka pendaftaran bakal calon wali kota dari jalur perseorangan pada 7-11 April 2013. Pemilihan wali kota Kediri itu sendiri akan dilangsukan pada 29 Agustus 2013.

Untuk bisa mendaftar, calon perseorangan harus mengantongi dukungan suara minimal lima per seratus dari jumlah penduduk Kota Kediri yang mencapai 261.479. Dengan demikian sepasang kandidat setidaknya harus mempunyai 13.074 bukti dukungan.

Hingga hari ini sudah ada dua pasangan dari jalur nonpartai politik yang telah mendaftar ke KPUD, di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Keduanya adalah pasangan Kasiadi-Budi Raharjo dan pasangan Imam Subawi-Suparlan.

Imam Subawi menyatakan dia berniat menjadi orang nomor satu di Kota Tahu ini karena ingin memperbaiki iklim politik yang menurutnya sedang terpuruk. "Kami akan memperbaiki dengan menata birokrasi terlebih dahulu," kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Kediri ini, saat menyerahkan berkas pendaftaran di KPUD, Rabu (10/4/2013).

Masrukhin, salah seorang anggota KPUD Kota Kediri mengatakan, petugas tingkat kecamatan akan melakukan pengecekan lapangan yang dimulai pada 14 April. "Nanti berkasnya akan diserahkan ke PPK," kata Masrukhin.

Sementara kabar yang beredar, ada beberapa pasangan lainnya yang akan mendaftar pada hari terakhir pendaftaran ini. Setidaknya sudah ada dua pasangan yang berasal dari politisi maupun birokrat yang santer akan mendaftar sore nanti. Sedangkan pendaftaran dari jalur partai politik akan dibuka pada 19 Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com