Rabu, 30 Juli 2014

News / Regional

Kampanye Hitam Marak Jelang Pilkada Mamasa

Kamis, 11 April 2013 | 10:22 WIB

MAMASA, KOMPAS.com - Pemilihan kepala daerah Mamasa, Sulawesi Barat, akan digelar pada 6 Juni mendatang. Meskipun demikian aroma persaingan sudah terasa kuat.

Para peserta Pilkada Mamasa berlomba-lomba menunjukkan citra baik diri masing-masing, sambil memojokkan para pesaing dengan berbagai cara.

Isu-isu miring atau kampanye hitam (black campaign) untuk menjatuhkan lawan, mulai dari isu korupsi, skandal seks, sampai narkotika menjadi santapan sehari-hari warga masyarakat.

Isu yang paling hangat saat ini menimpa bakal calon wakil bupati Victor Paotonang. Victor, yang berpasangan dengan calon bupati Ramlan Badawi, diisukan ditangkap Satuan Narkoba Polda Sulawesi Selatan. Isu yang tidak jelas ujung pangkalnya itu pun menjadi pergunjingan tokoh-tokoh politik serta para pesaingnya di Pilkada.

Sejumlah tokoh mengaku kaget mendengar isu tidak jelas itu, tak terkecuali Ketua Dewan Pimpinan Daerah II Mamasa Partai Golkar, Muhammadiyah Mansyur, yang langsung secara tegas membantah kabar tidak jelas itu.

"Tidak benar itu. Itu hanya isu yang disebarkan oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi menjelang pilkada. Mereka hanya mencari cara untuk menjatuhkan pasangan Ramlan-Victor di mata masyarakat," tegas Muhammadiyah.

Ketua DPRD Kabupaten Mamasa itu mengaku mendengar isu itu sejak sepekan lalu. Namun dia tidak meresponsnya karena meyakini kabar itu kebohongan yang dilemparkan ke masyarakat untuk menjatuhkan citra yang bersangkutan.

Muhammadiyah meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu miring yang terus merebak menjelang pilkada karena hal itu bisa menyesatkan masyarakat.

"Saya baru saja bersama-sama dengan Pak Victor. Tidak ada masalah. Beliau sehat walafiat dan beraktivitas seperti biasa," tuturnya.

Kapolres Mamasa, AKBP I Made Sunarta pun membantah kabar ini. Sunarta menyatakan pihaknya tidak pernah menangani kasus ini. Sunarta menduga isu itu disebarkan oknum yang tidak bertanggung jawab menjelang pelaksanaan pemilihan bupati Mamasa.

Seperti diketahui, Pilkada Mamasa akan diikuti tujuh pasangan calon, termasuk pasangan Ramlan Badawi-Vicgor Paotondang. Mantan bupati Mamasa Obed Nego Depparinding juga kembali mencalonkan diri.


Penulis: Kontributor Polewali, Junaedi
Editor : Kistyarini