Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Dosen Unpatti Awasi UN di Maluku

Kompas.com - 10/04/2013, 19:02 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Sebanyak 267 dosen dari Universitas Pattimura Ambon akan diterjunkan untuk mengawasi seluruh tahapan ujian nasional tingkat SMA dan SLTP di seluruh kabupaten dan kota di Maluku yang akan berlangsung pada 15 April mendatang.

Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof. Dr. Thomy Pentury kepada wartawan, Rabu (10/4/2013) mengungkapkan, dari 267 dosen tersebut, sejumlah dosen telah diberangkatkan terlebih dahulu ke beberapa kabupaten yang dianggap jauh dan minim sarana transportasi seperti Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Barat Daya (MBD), Kepulauan Aru dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

"Ada sejumlah dosen yang sudah berangkat kemarin, ke sejumlah daerah yang dianggap jauh dan minim sarana transportasi, khusus kabupaten SBT para dosennya diberangkatkan dengan mobil jurusan transSeram, sedangkan MBD, MTB dan Aru menggunakan pesawat," ungkap Thomy.

Thomy mengaku, ratusan dosen ini tidak hanya mengawasi seluruh tahapan ujian nasional, namun juga turut memeriksa hasil ujian tersbut. Hasil ujian nasional, kata Thomy, akan diperiksa di Universitas Pattimura. "Ratusan dosen yang diterjunkan akan mengawasi seluruh tahapan ujian nasional termasuk juga pemeriksaan hasilnya yang akan dilakukan di Unpatti," terangnya.

Thomy mengatakan, berdasarkan surat keputusan rektor, pelaksanaan ujian nasional di setiap sekolah akan diawasi oleh seorang pengawas. Dia juga menambahkan, seluruh tahapan ujian nasional diawasi pihaknya termasuk percetakan naskah soal di Surabaya, Jatim, maupun pendistribusiannya hingga ke kabupaten dan kota hingga ke seluruh sekolah di Maluku.

"Mulai dari percetakan naskah di Surabaya, hingga pendistribusian ke seluruh daerah sampai ke sekolah- sekolah itu diawasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com