Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sultra: Kewenangan Plt Setara dengan Bupati

Kompas.com - 10/04/2013, 14:05 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam menyatakan tugas dan kewenangan Wakil Bupati Kolaka Amir Shaka setara dengan Bupati kendati status Amir hanya pelaksana tugas (Plt) Bupati.

Hal itu diungkapkan Nur Alam saat menyerahkan surat keputusan tentang plt Bupati dari Menteri Dalam Negeri kepada Wakil Bupati Kolaka Kolaka Amir Shaka, Rabu (10/4/2013) hari ini. Penyerahan SK dilakukan di gedung DPRD Kolaka dengan dihadiri ratusan tamu undangan dari dalam dan luar Kolaka.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra menegaskan bahwa sejak diserahkannya SK tersebut, maka secara otomatis pengendalian roda pemerintahan serta kebijakan terkait Kolaka ditangani langsung oleh Wakil Bupati Amir Sahaka.

"Mulai saat ini roda pemerintahan di Kolaka dikendalikan langsung oleh Amir Sahaka selaku wakil bupati berdasarkan SK dari Menteri Dalam Negeri. Jadi wakil berhak atau haknya setara dengan bupati Kolaka, baik itu dalam pengambilan kebijakan, mengatur kondisi serta pembangunan di Kolaka dan yang lain-lain. Hal ini berlaku hingga batas waktu yang tidak ditentukan sebab Buhari Matta sedang berhalangan untuk melanjutkan kepemimpinannya di Kolaka," ungkap Nur Alam.

Dia juga menegaskan bahwa SK tersebut untuk memastikan bahwa Buhari Matta mulai saat sudah ini dinonaktifkan dari jabatan Bupati Kolaka. Menurutnya, Buhari Matta sedang tersandung kasus hukum. Sementara sisa waktu kepemimpinannya tinggal 6 bulan. Sesuai aturan yang ada, kalau seorang kepala daerah tersanding kasus, maka otomatis Wakil Bupati yang mengambilalih pemerintahan.

"Saya tidak bisa pastikan apakah betul-betul kasus itu selesai sebelum 6 bulan," tegasnya.

Gubernur pun berharap agar Wakil Bupati Kolaka dalam menjalankan tugasnya sebagai pelaksana tugas Bupati untuk berhati-hati. Apalagi menyangkut masalah kebijakan, sebab posisi seorang pemimpin itu sangat rawan dan rentan.

"Jabatan baru ini digunakan sebaik-baiknya, harus hati-hati dan jeli sebab jangan sampai nanti mendapat masalah. Saya harapkan juga semua pihak dapat bekerja sama untuk melanjutkan roda pembangunan dan pemerintahan di Kolaka," tambahnya.

Pengangkatan Wakil Bupati Kolaka Amir Sahaka sebagai Plt Bupati Kolaka untuk mengganti Buhari Matta karena tersandung kasus dugaan korupsi Rp 20 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com