Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32 Band "Underground" Bakal Gebrak Bandung

Kompas.com - 09/04/2013, 22:13 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 32 band underground dengan beberapa genre musik seperti metal, hardcore, punk, blackmetal, dan grindcore siap beraksi menggebrak tiga panggung dalam festival musik tahunan Bandung Berisik 2013, yang digelar pada 13 April 2013 mendatang.

Pada gelarannya yang ketujuh, festival musik cadas yang telah diakui sebagai konser bertaraf internasional ini akan mengusung tema "Bandung Berisik MMXIII Versus The World". 

Menurut Yayat Ahdiyat selaku penggagas Bandung Berisik, tagline tersebut menunjukkan semangat Bandung Berisik yang diawali dari sebuah panggung kecil peringatan 17-an, menjadi sebuah perhelatan musik metal berskala internasional.

"'Versus The World' bukan sekadar tagline, tapi untuk menjawab tantangan dunia yang saat ini telah mengakui kualitas musik metal Indonesia, dan Bandung sebagai barometernya. 'Versus The World' juga bermakna Bandung Berisik progresnya selalu ke arah yang lebih baik dan besar," ujar Yayat saat konferensi pers di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (9/4/2013).

Jika pada beberapa tahun ke belakang festival Bandung Berisik menggunakan tempat di luar Kota Kembang, maka tahun ini akan digelar di Stadion Siliwangi, Bandung, yang berkapasitas lebih dari 30.000 orang. 

Telinga para pencinta musik cadas se-Indonesia pun akan dimanjakan dengan tata suara berkekuatan 250.000 Watt pada panggung utama (main stage). 

"Untuk tahun ini kita tingkatkan kualitas dan band-band yang akan main, bukan kuantitas. Makanya kita gelar satu hari saja dengan satu main stage," ujar Giovitano, salah seorang director Bandung Berisik dari ATAP Promotions, saat ditemui di tempat yang sama. 

Panggung utama ini dilengkapi dengan layar LED raksasa untuk menambahkan efek visual. Panggung utama bakal hadir aksi heboh 12 band utama seperti Jasad, Burgerkill, Seringai, Rocket Rockers, Extreme Decay, NOXA, dan Siksa Kubur, plus 20 band yang terseleksi dari 320 band yang mendaftar dalam kegiatan pra-event bertajuk "Battle of The Rebellion". Band-band ini akan mengisi dua panggung kecil yang diberi nama Rebel Stage dan Mosh Pit Stage.  

Untuk jumlah tiket, lanjut Gio, panitia tidak mau mengambil risiko untuk menjejalkan 30.000 orang di dalam Stadion Siliwangi. Ia menambahkan, jumlah tiket yang disediakan hanya untuk 20.000 orang dan dijual dalam dua sesi, yaitu presale dan on-the spot.
 
"Untuk informasi tiket bisa mengunjungi twitter kami di @bandungberisik. Yang jelas hanya 20 ribu tiket yang kami rilis. Jadi festival ini hanya untuk mereka yang ingin menikmati," beber Gio.

Gio menjanjikan kepada penonton bahwa aksi panggung yang ditampilkan oleh semua band utama di panggung utama dipastikan menjadi pertunjukan spektakuler.   

"Ini bukan konser sembarangan karena 12 band yang akan tampil di stage utama dituntut harus memberikan konsep aksi panggung yang gila dan baru. Jadi belum pernah ditampilkan di konser mana pun," urainya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com