Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2013, 19:42 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

PIRU, KOMPAS.com - Banjir bandang tidak hanya menerjang Dusun Amaholu Losi, Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku. Empat dusun lainnya di desa tersebut juga ikut diterjang banjir. Keempat dusun tersebut yakni Dusun Batu Lubang, Nasiri, Lirang dan Dusun Limboro. Dari lima dusun ini, tiga dusun yang paling parah diterjang banjir yakni Dusun Batu Lubang, Dusun Nasiri dan Dusun Amaholu Losi.

Kepala Dusun Nasiri, Jakaria kepada wartawan melalui telepon selulernya Selasa (9/4/2013) petang mengatakan, banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan pesisir Huamual sejak Senin hingga Selasa tadi. Di Dusun Nasiri misalnya, ketinggian air yang menggenangi rumah warga hingga kini sudah mencapai setengah meter.

"Banjir di sini juga cukup parah, rumah-rumah warga juga terendam, tapi tidak ada kerusakan rumah warga. Kerusakan rumah warga hanya terjadi di Dusun Amaholu Losi dan beberapa rumah di Dusun Batu Lubang," ungkapnya.

Meskipun demikian, dia mengakui warga Nasiri yang umumnya tinggal di dekat bantaran sungai kini telah mengungsi ke rumah-rumah kerabatnya yang dianggap aman. Warga pilih mengungsi karena hingga kini hujan di kawasan tersebut belum juga reda. Warga khawatir tingginya intensitas curah hujan akan mengancam keselamatan mereka yang tinggal di bantaran sungai di dusun tersebut.

"Warga di dusun ini yang umumnya tinggal di samping bantaran sungai sudah mengungsi semuanya ke rumah kerabatnya yang lebih aman," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com