Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2013, 19:00 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

PIRU, KOMPAS.com - Banjir bandang yang menerjang Dusun Amaholu Losi, Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku pada Selasa (9/4/2013) siang memaksa ratusan warga di dusun tersebut mengungsi ke tempat yang lebih aman. Ratusan warga di dusun tersebut menyelamatkan diri dari banjir dengan membawa barang-barang berharga yang dimilikinya.

Hamid, salah satu warga dusun setempat, kepada Kompas.com, Selasa (9/4/2013) petang menuturkan, ratusan warga dusun pilih mengungsi karena rumah-rumah mereka rusak disapu materil banjir bandang yang terjadi sejak siang. Memang, kata dia, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun puluhan rumah warga rusak parah. Sebagian rumah bahkan tertimbun materil banjir bandang.

Hingga saat ini, kata Hamid, warga belum berani pulang ke rumah-rumah mereka karena selain rusak parah, juga hujan juga masih mengguyur kawasan tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, selain merendam dan merusak puluhan rumah warga, banjir bandang di Dusun Amaholu Losi juga menghanyutkan dua rumah warga lainnya.

Rumah-rumah warga yang rusak karena tertimbun materil banjir berupa lumpur dan bebatuan yang terbawa arus sungai. Hingga berita ini diturunkan, intensitas hujan masih sangat tinggi di kawasan itu. Banjir juga masih menggenangi rumah-rumah warga di dusun tersebut. Banjir serupa di daerah itu pernah terjadi pada bulan Februari lalu. Dan banjir kali ini merupakan yang paling parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com