Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2013, 18:16 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

PIRU, KOMPAS.com - Puluhan rumah warga di Dusun Amaholu Losi, Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, Selasa (9/4/2013) rusak parah tersapu banjir bandang menyusul hujan deras yang mengguyur dusun tersebut sejak Senin hingga Selasa sore ini. Banjir tersebut membawa material lumpur dan bebatuan.

Umumnya, rumah-rumah yang mengalami kerusakan parah berada di dekat bantaran sungai di dusun itu. Selain itu, banjir juga merendam puluhan rumah warga lainnya.

Salah satu warga Dusun Amaholu Losi, Hamid kepada Kompas.com melalui telepon selulernya Selasa sore mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun akibat peristiwa itu, puluhan rumah warga rusak parah.

Menurutnya, banjir terjadi karena derasnya hujan yang mengakibatkan sungai di desa tersebut meluap.

"Hujan sangat deras sehingga sungai di desa kami meluap. Saya tidak tahu pasti jumlah rumah yang rusak, tapi yang pasti ada puluhan, dan puluhan rumah lainnya terendam," ungkap Hamid.

Dia mengungkapkan, selain merusak dan merendam puluhan rumah warga, banjir juga menghanyutkan dua rumah warga lainnya yang terletak tak jauh dari bantaran sungai.

"Ada dua rumah warga yang juga hanyut terbawa air sungai," ujarnya. Hingga berita ini dipublikasikan, banjir masih menerjang dusun tersebut. Rumah-rumah warga masih dalam kondisi tergenang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com