Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipu Warga dengan Kesaktian Palsu, Dukun Muda Dibekuk

Kompas.com - 09/04/2013, 16:17 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Polsek Denpasar Timur mengamankan seorang dukun berusia 19 tahun yang menipu korban dengan kesaktian palsunya. Tersangka bernama Nurhadi menipu korbannya, I Gusti Made Ngurah Suarsa (40) dengan cara menakut-nakuti korban bahwa rumahnya dihinggapi kekuatan gaib yang membahayakan.

"Tersangka mengatakan kepada korban bahwa di rumah korban ada barang gaib, dan apabila barang gaib itu tidak diambil, maka korban sekeluarga akan mati, dan tersangka mengatakan bisa mengambilnya secara gaib," ujar Kanit Reskrim Polsek Dentim, Iptu Wahyu Setyo di Denpasar, Selasa (9/4/2013).

Meski baru mengenal tersangka, korban langsung percaya ucapannya dan meminta bantuan tersangka untuk menghilangkan kekuatan gaib tersebut. Tersangka kemudian memberi petunjuk dengan cara membuntel uang kertas Rp 300.000 dan Rp 2.000 serta uang logam Rp 1.000 dan Rp 200 dengan dibungkus kapas, lalu diletakkan di atas pintu.

Rupanya, saat akan meletakkan buntelan uang tersebut di atas pintu, tersangka dengan cepat menukarnya dengan buntelan benang dan 5 pucuk kembang jepun merah. Keesokan harinya, Ngurah mengecek buntelan berisi yang awalnya berisi uang tersebut. Ternyata buntelan itu diganti isinya oleh tersangka.

Merasa tertipu, korban langsung melaporkan kejadian ini ke polisi pada Minggu (7/4/2013). Tersangka yang ternyata bekerja sebagai buruh bangunan ini ditangkap pada Senin (8/4/2013) kemarin. Kini harus tersangka mendekam di sel Mapolsek Dentim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com