Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Regional

POLDA SULSELBAR

Penerimaan Polisi Libatkan Pengawas Eksternal

Senin, 8 April 2013 | 13:53 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Polda Sulselbar) melibatkan pengawas eksternal dalam penerimaan calon bintara baru tahun 2013. Pelibatan pengawas dari eksternal dilakukan untuk mencegah adanya percaloan saat seleksi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulselbar, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Endi Sutendi, mengatakan adapun pengawas eksternal yang dilibatkan yakni lembaga Study Insan Cita (LSIC) diwakili Darwis, persatuan wartawan Indonesia (PWI) diwakili Rusli, birokrasi pendidikan dari Unhas dan pisikologi dari Lembaga Hipsni dari Birokrasi olaraga dari UNM.

"Pembentukan pegawas eksternal dilakukan untuk membuktikan bahwa Polda Sulselbar dalam melaksanakan penerimaan bintara polisi secara transparan dan ankuntabel. Hal ini pun kita lakukan, untuk memenuhi surat suara yang masuk," katanya, Minggu (8/4/2013).

Selain membentuk tim eksternal, lanjut Endi, polisi juga menyediakan posko aduan bagi masyarakat yang menemukan keganjilan dalam pelaksanaan penerimaan bintara polisi. Aduan tersebut akan langsung diterima oleh pengawas eksternal dan internal Irwasda serta Propam Polda Sulsel.

"Posko pengaduan nantinya ditempatkan di SPKT Polda Sulselbar dan bagi orang tua yang merasa ada masalah dalam penerimaan bintara ini silahkan mengadu ke pengawas eksternal," papar Endi.

Sementara itu, Kordinator pengawasan eksternal penerimaan secapa Darwis, mengatakan, selama tahapan penerimaan calon bintara polisi berlangsung, pihaknya akan melakukan pegawasan. Namun, sejauh ini proses penerimaan berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan serta belum ada orang tua secaba yang melapor. 

"Sementara ini masih tahapan tes kesehatan. Setiap selesai pemeriksaan hasilnya langsung diumumkan hari itu juga. Ini agar tidak ada peluang untuk dilakukan negosiasi. Dalam pelaksanaan tiap tahapan, pihak Polda juga menyiapkan tim ahli dari luar kepolisian," papar Darwis.


Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor : Glori K. Wadrianto