Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kebocoran, Soal Dilengkapi Kode Bar

Kompas.com - 08/04/2013, 03:00 WIB

MANOKWARI, KOMPAS - Soal dan lembar jawaban ujian nasional mulai tahun ini akan dilengkapi kode bar. Kode ini berfungsi untuk mencegah kebocoran ujian nasional karena kode bar soal satu paket dengan lembar jawaban.

”Jadi siswa harus memulai ujian nasional dengan menyobek lembar jawaban dari lembar soal. Lembar jawaban tidak akan bisa diproses jika bukan dari paket lembar soalnya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam kunjungan kerja ke Manokwari, Papua Barat, Minggu (7/4).

Kode bar, kata Nuh, juga akan memudahkan untuk melacak sumber soal dan tempat percetakannya jika terjadi kebocoran.

Langkah lain untuk mencegah kebocoran ujian nasional (UN), kata Nuh, dalam satu kelas ada 20 variasi soal dengan bobot kesulitan yang sama. ”Karena itu, jangan percaya jika ada yang menawarkan jawaban soal ujian nasional,” lanjutnya.

Menurut Nuh, berbagai upaya ini masih ditambah lagi dengan pengetatan tender pembuatan soal. ”Dalam tender ada kriteria, karyawan percetakan diisolasi dan diasramakan supaya steril dari kemungkinan membocorkan soal,” katanya.

Nuh menilai, sekalipun sistem telah dibuat sedemikian ketat, tetap saja ada upaya pihak-pihak tertentu yang ingin menarik keuntungan dengan menawarkan lembar soal atau jawaban palsu. Karena itu, peserta UN diminta jangan percaya pada jawaban UN palsu, tetapi lebih baik belajar secara optimal.

Didistribusikan

Sementara itu, di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, meski UN SMA/MA/SMK akan dilaksanakan mulai 15 April, Minggu kemarin 19 boks soal sudah didistribusikan ke Pulau Bawean menggunakan Kapal Motor Express Bahari 1C. Pengiriman dilakukan lebih awal untuk mengantisipasi cuaca buruk di perairan Laut Jawa yang sulit diprediksi.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Gresik Abdul Munif mengatakan, 19 boks yang dikirim ke Bawean itu terdiri dari 304 naskah untuk SMA, 503 naskah untuk siswa MA, dan 160 naskah soal untuk kejar Paket C. (ODY/ACI) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com