Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bukittinggi Optimis Terbaik UN di Sumbar

Kompas.com - 08/04/2013, 02:20 WIB

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bukittinggi optimistis dapat mempertahankan predikat kelulusan terbaik di tingkat Sumatera Barat pada Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat.

"Para siswa telah siap menghadapi UN yang akan dilaksanakan pertengahan April 2013," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi, Ellia Makmur di Bukittinggi, Minggu (7/4/2013).

Menurut dia, UN tahun ajaran 2012-2013 di Kota Bukittinggi akan diikuti 6.359 siswa dari jenjang SMP sederajat hingga SMA sederajat. Jumlah peserta UN tingkat SMP sederajat berjumlah 2.582 siswa, SMA negeri, swasta serta MAN dan swasta berjumlah 2.369 siswa, dan SMK negeri dan swasta 1.408 siswa.

"UN utama tingkat SMA sederajat digelar 15-18 April 2013 dan SMP sederajat pada 22-25 April 2013," kata Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Asmara.

Asmara mengaku optimis Bukittinggi kembali meraih predikat kelulusan terbaik di tingkat Sumatera Barat (Sumbar) tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat. Karena, menurut dia, untuk mempertahankan prestasi yang diraih sebelumnya, Dispora telah melakukan tiga langkah sukses menghadapi UN.

Tiga langkah sukses tersebut, menurut dia, telah mempersiapkan anak didik menguasai materi ujian ("try out"), bedah standar kompetensi lulusan dan belajar sore.

"Kesiapan siswa menghadapi UN tidak saja cukup jika tidak disosialisasikan orangtua murid yang cukup berperan besar memberikan motivasi terhadap anak didik, di samping para guru di masing-masing sekolah," kata dia.

Dia menyebutkan, sistem pengawasan UN untuk tahun 2013 hampir sama dengan tahun 2012 yaitu sama-sama memakasi sistem silang murni. "Seorang guru dilarang melakukan pengawasan di sekolah tempat dia mengajar. Guru yang membidangi ilmu termasuk salah satu diujiankan, waktu UN berlangsung dilarang ke sekolah," kata dia.

Kota Bukittinggi pada tahun ajaran 2011-2012 telah meraih peringkat pertama UN tingkat SMA/MA rata-rata tertinggi (7,72), peringkat dua Payakumbuh (7,57).

Sedangkan peringkat ketiga diraih Kota Solok (7,56), peringkat empat Kabupaten Pasaman (7,54), peringkat lima Kota Padang (7,49), peringkat enam Padangpanjang (7,47), peringkat tujuh Sawahlunto (7,47), peringkat delapan Pesisir Selatan (7,33).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com