Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-kecelakaan Maut, Polisi Tes Urine Pengemudi Juke

Kompas.com - 07/04/2013, 22:16 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Pengemudi mobil Nissan Juke yang terlibat dalam kecelakaan maut di Tol Purbaleunyi ruas Cileunyi-Padalarang Km 135, Muhammad Dwigusta Cahya (18), menjalani pemerisaan urine di RS Polri Sartika Asih, Kota Bandung, Minggu (7/4/2013).     

"Pengemudi mobil Nissan Juke sudah diambil sampel urinenya guna keperluan penyelidikan kasus kecelakaan itu. Hasilnya baru bisa diketahui besok," kata Kasat Lantas Polres Bandung, AKP Lukman Syarif.    

Tes urine itu, menurut Kasat, diperlukan untuk mengetahui apakah sopir itu mengemudi dalam pengaruh minuman keras, narkoba atau tidak.

Hingga Minggu malam, kata dia, Unit Laka Lantas Polres Bandung masih melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan lalu lintas yang menewaskan lima orang penumpang Daihatsu Xenia dan melukai seorang lainnya.    

"Kami masih melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan itu, sementara penyebabnya adalah kendaraan Nissan Juke hilang kendali sehingga masuk jalur B dan terjadi kecelakaan," katanya.

Sementara itu, pengemudi Nissan Juke Nopol AB-421-TA, M Dwigusta Cahya, adalah mahasiswa ITT Telkom Bandung asal Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat kejadian, dia tengah menuju kampusnya.

Terkait dengan kemungkinan pengemudi Nissan Juke akan menjadi tersangka dalam kecelakaan tersebut, Kasat Lantas Polres Bandung menyatakan bahwa pihaknya masih akan mengumpulkan data lainnya.

"Sejauh ini, belum ditetapkan menjadi tersangka, kami masih melakukan penyelidikan dahulu. Kesimpulan sementara penyebab kecelakaan ialah akibat kendaraan Nissan Juke hilang kendali," kata Lukman.

Pihaknya telah menanyai sejumlah saksi mata, tetapi belum melakukan pemeriksaan kepada korban yang selamat karena kondisinya masih syok dan mengalami luka berat, termasuk Agung Nugroho (12), satu-satunya korban selamat dari mobil Daihatsu Xenia.

"Pemeriksaan akan dilakukan setelah mereka memungkinkan untuk dimintai keterangan. Penumpang yang selamat itu kan masih di bawah umur sehingga kami harus melakukannya dengan sebaik-baiknya," kata Kasat Lantas Polres Bandung itu.

Sementara itu, kejadian tabrakan maut di Km 135 Tol Purbaleunyi ruas Cileunyi-Padalarang terjadi pukul 13.15 WIB di ruas B jalur Cileunyi arah Jakarta. Lima orang yang meninggal dunia adalah pengemudi Daihatsu Xenia Iman Haryadi (31), Yohana Trisnawati (30), Julaeha (5), Samiono (70), dan Surijatini (60). Kelima korban adalah satu keluarga asal Cilacap, Jawa Tengah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com