Senin, 22 September 2014

News / Regional

Survei MMS: Pilgub Maluku Hanya Satu Putaran

Minggu, 7 April 2013 | 18:30 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Lembaga survei Media Survei dan Strategi (MSS), Minggu (7/4/2013) siang merilis hasil survei peluang menang calon kepala daerah dalam Pemilihan Gubernur Maluku. Hasilnya menyebutkan, Pilgub Maluku bakal berlangsung satu putaran dan dimenangkan pasangan Said Assagaf - Zeth Sahuburua (Setia).

Survei ini dilakukan MSS pada periode akhir Maret hingga awal April 2013 dengan jumlah responden 440 orang yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Maluku. Adapun metode survei adalah menggunakan sistem multistage random sampling dengan margin of error 4,8 persen.

Dalam rilis tersebut, MMS juga menempatkan pasangan "Setia" dengan persentasi tingkat popularitas dan kesukaan tertinggi yakni mencapai 83,10 persen dibanding calon lainnya.

"Hanya ada satu matahari tunggal di Pilkada Maluku. Ini temuan di lapangan, ini hasil survei yang kita lakukan pada periode akhir Maret hingga awal April 2013," kata Direktur MSS, Husain Marasabessy kepada wartawan.

Dalam survei tersebut, MMS merilis perolehan dukungan suara pemilih jika Pilgub Maluku digelar saat ini dengan menempatkan pasangan Said Assagaf - Zeth Sahuburua (Setia) pada urutan teratas dengan memperoleh 34,10 persen, disusul pasangan Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa (Beta Tulus) sebesar 15,80 persen, Abdullah Vanath-Marten Maspaitella (Damai) 14,60 persen, Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) 7,20 persen dan Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (Bob-Arif) 5,00 persen.

"Warga yang belum menentukan pilihan tersebar di semua kabupaten kota dengan persentase 23,40 persen. Namun sesuai hasil survei, Pilgub Maluku hanya akan berlangsung satu putaran," kata Husein yang juga mantan peneliti di LSI dan KCI ini.

Dia mengakui, dari hasil survei, pilihan masyarakat kepada pasangan "Setia" karena besarnya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang mencapai 80 persen.

"Masyarakat merasa puas dengan kinerja pemerintahan. Publik juga menganggap pemerintahan saat ini berhasil sehingga warga kembali menginginkan Assagaf yang juga wakil gubernur Maluku untuk melanjutkan kepemimpinannya dengan persentasi 58,60 persen," ungkap Husein.

Dari hasil survei tersebut, pasangan "Setia" ini diprediksi menang di beberapa kabupaten dan kota di Maluku yakni di Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Buru Selatan.


Penulis: Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Editor : Farid Assifa