Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Hilir Patin Terus Dibangun

Kompas.com - 06/04/2013, 19:22 WIB
Irma Tambunan

Penulis

MUARO JAMBI, KOMPAS.com - Industri hilir pengolahan hasil patin akan terus dibangun. Hal ini seiring dengan target pemerintah mendongkrak volume produksi patin dua kali lipat pada tahun ini. produksi patin tahun lalu 650.000 ton, akan ditingkatkan menjadi 1 juta ton pada tahun ini.

Demikian dikemukakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo dalam peresmian pabrik pengolahan patin menajdi fillet, PT Indomaguro Tunas Unggul (UPI) di Desa Kemingking, Kecamatan Taman Rajo, Muaro Jambi, Sabtu (6/4/2013).

Menurut Sharif, tingkat konsumsi ikan dalam negeri terus meningkat. Seiring dengan itu, pihaknya juga mendorong pertambahan volume produksi, selain untuk bersaing dalam perdagangan internasional. Pi haknya optimistis pasar luar negeri akan menyerap fillet patin olahan dalam negeri. "Pasarnya masih terbuka, contohnya Amerika meminati patin. Kita akan ekspor," tuturnya.

PT Indomaguro menampung hasil panen petani sekitar pada harga Rp 11.000 per kilogram. Patin diolah menjadi fillet, lalu dijual ke usaha restoran dan suupermarket di Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com