Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Malang Siapkan IT Industrial Park

Kompas.com - 04/04/2013, 16:25 WIB
Dahlia Irawati

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Malang rupanya sudah bersiap menjadi kawasan industri. Pemerintah sudah menyediakan lahan seluas 89,9 hektar (ha) sebagai kawasan industri, khususnya industri IT ramah lingkungan.

"Kami sudah menyiapkan lahan hampir 90 hektar di wilayah Tlogowaru dan Arjowinangun di Kecamatan Kedungkandang untuk kawasan industri. Industri yang kami perbolehkan di sana adalah green industry (tidak berasap dan berlimbah cair) seperti industri IT dan elektronik," tutur Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Malang, Hadi Santoso, Kamis (4/4/2013).

Kawasan industri yang sudah disiapkan tersebut sudah masuk dalam Perda RTRW yaitu Perda Nomor 4 Tahun 2011. Dalam Perda tersebut, kawasan industri di Arjowinangun disiapkan seluas 63,871 ha.

Dari jumlah tersebut, lahan yang sudah menjadi set pemkot seluas 15,8 ha. Adapun kawasan industri di Arjowinangun disiapkan lahan seluas 26,091 ha. Dari jumlah tersebut, lahan yang sudah menjadi aset pemkot seluas 5-7 ha. "Oleh karena sudah masuk per RTRW, maka wilayah tersebut tidak bisa dialihfungsikan peruntukannya selain sebagai wilayah industri," ujar Hadi.

Kawasan industri standarnya seluas 50 ha. Dengan kondisi itu, Hadi menyatakan, Tlogowaru sudah siap menjadi kawasan industri IT. "Diharapkan nanti wilayah sana bisa menjadi IT Industrial Park. Apalagi sudah didukung adanya Politeknik Kota Malang dan SMK di sana," ujar Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com