Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Bertahan di Simpang Kodim

Kompas.com - 04/04/2013, 14:10 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 pendukung bendera bulan bintang bertahan di simpang Kodim, Banda Aceh, Kamis (4/4/2013). Mereka tak dapat menerobos masuk ke Pendopo Meuligoe, keiaman Gubernur Aceh Husaini Abdullah.

Di pendopo, Menteri dalam Negeri Gamawan Fauzi menggelar pertemuan tertutup membahas Qanun Bendera dan Lambang Aceh. Massa pendukung bendera bulan bintang mendesak agar Qabun tersebut diberlakukan tanpa revisi.

"Kami rakyat Aceh ingin bendera bulan bintang dapat bersanding bersama bendera merah putih. Kami masih bagian dari NKRI," kata perwakilan massa dalam orasinya.

Beberapa orang beristirahat makan siang. Sisanya berdiri sambil mengibarkan bendera bulan bintang.

Ratusan polisi dan tentara berbaris berlapis menghadang massa. Mereka menjaga ketat agar tidak ada pendukung bendera bulan bintang menerobos. Bahkan, belasan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dan DPR Kabupaten/kota di Aceh dicegat polisi saat hendak ke pendopo.

Polisi meminta mereka menunjukkan kartu identitas. "Kami mohon kerja samanya. Karena situasi sedang ada unjuk rasa," kata seorang polisi kepada rombongan anggota DPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com