Rabu, 16 April 2014

News / Regional

Lembar Jawaban UN Dilengkapi "Barcode"

Rabu, 3 April 2013 | 23:48 WIB

Baca juga

UNGARAN, KOMPAS.com — Lembar jawaban ujian nasional (LJUN) tahun ini akan dilengkapi barcode guna menghindari kesalahan pemindaian menyusul perbedaan soal ujian nasional pada tiap-tiap ruangan.

Dengan barcode ini, identifikasi naskah dan jawaban diharapkan akan jauh lebih mudah.

"Tahun ini, tiap-tiap ruangan dan antar-ruang, soalnya berbeda. Artinya, master yang kita terima otomatis juga banyak. Guna menghindari kesalahan saat pemindaian, kami akan melekatkan LJUN pada sampul muka dan melengkapinya dengan barcode," ungkap Agus Setiawan, marketing PT Pura Barutama Kudus, Rabu (3/4/2013).

PT Pura Barutama Kudus adalah pemenang tender pengerjaan lembar naskah dan LJUN untuk wilayah Jawa Tengah, DIY, Jambi, dan Bengkulu.

Menurut Agus, selain soal ujian yang berbeda, mekanisme penyerahan naskah dan LJUN juga berbeda.

Dulu, serah terima dilakukan pemerintah pusat ke dinas pendidikan provinsi. Namun sekarang, PT Pura Barutama langsung menyerahkan LJUN ke perguruan tinggi yang ditunjuk, dalam hal ini Universitas Negeri Semarang.

"Untuk SMA harus terkirim dua hari sebelum pelaksanaan ujian 15 April 2013 mendatang. Khusus Jawa Tengah nanti akan dikirim melalui jalur darat, tetapi untuk luar daerah belum bisa dipastikan. Yang jelas, pengiriman ke Jambi dan Bengkulu akan lebih awal dilakukan," papar Agus. (K10-11)


Penulis: Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Editor : Ervan Hardoko