Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Cepat Bertabrakan di Palembang, Empat Tewas

Kompas.com - 03/04/2013, 21:09 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kapal cepat bertabrakan di perairan Sungai Musi kawasan I Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (3/4/2013) siang. Empat korban penumpang tewas, belasan orang terluka, dan tiga penumpang masih hilang. Berdasarkan keterangan para saksi mata, tabrakan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Kapal yang bertabrakan adalah kapal cepat atau speed boad 200 PK tujuan Sungsang-Palembang dengan 24 penumpang dan muatan barang, serta kapal cepat 40 pk dengan tujuan Upang - Palembang bermuatan dua orang. "Kapal cepat yang kecil hendak berganti haluan sementara lawannya kapal besar berada di posisi cepat sehingga tabrakan tidak dapat dihindari lagi," ujar Kopda Muslimin, salah seorang petugas jaga Pos TNI AL I Ilir yang berjarak 300 meter dari lokasi kejadian, Rabu (3/4/2013). 

Muslimin mengatakan tabrakan ini adalah tabrakan menyamping. Kecelakaan terjadi pada lajur sungai dari arah Banyuasin menuju Palembang. Pada saat kejadian, kata Muslimin, dia dan empat orang rekan lainnya tengah berjaga dan mendengar teriakan minta tolong dari beberapa orang penumpang. "Sontak kami langsung turun mendekati kapal yang sudah sebagian tenggelam ke dalam air Sungai Musi itu dan badan kapal sudah dalam kondisi rusak parah," ujar dia.

Menurut Muslimin kecepatan kapal besar diperkirakan 40 knot atau sama dengan 90 Km/jam. Sedangkan kapal kecil berkecepatan 20 knot atau separuh kecepatan kapal besar. Setelah tabrakan tersebut, kapal kecil rusak parah tetapi pengemudinya yang bernama Haori selamat. Tapi penumpang kapal kecil, belum diketahui namanya, masih hilang.

Adapun kapal besar mengalami pecah di bagian samping dan oleng akibat muatan di atasnya. Pengemudi kapal besar Sarbini bin Jamil menyelamatkan diri, 18 penumpang mengalami luka ringan tetapi selamat, sementara empat orang penumpang tenggelam tidak dapat diselamatkan, dua orang lainnya masih hilang.

Seluruh korban luka dan meninggal langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelabuhan Palembang. Sementara sebagian korban selamat memilih menenangkan diri atau pulang kembali ke daerahnya. Hingga saat ini Tim Basarnas setempat masih melakukan pencarian dua korban hilang yang terbawa arus sungai. (Muhammad Suparni/Ruslan Burhani)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com