Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan Pilgub Jateng Bermartabat, KPUD Gandeng KompasTV

Kompas.com - 02/04/2013, 15:21 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah melakukan kerjasama dengan KompasTV terkait sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2013.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan kerjasama oleh Ketua KPU Daerah Jawa Tengah M. Fajar Subhi A.K dan Pimpinan Redaksi KompasTV, Taufik H Mihardja di Kantor KPUD Jateng, Selasa (2/4/2013).

Ketua KPUD Jateng Fajar mengatakan, kerjasama tersebut untuk beberapa agenda terkait dengan sosialisasi Pilgub Jateng pada masyarakat. Antara lain kerjasama saat acara pengundian nomor urut pasangan calon, debat kandidat serta sosialisasi informasi berbagai kegiatan lain.

"Kerjasama ini utamanya untuk mewujudkan Pilgub Jateng yang bermartabat, jadi tidak hanya sekadar siapa yang terpilih melainkan untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih dengan baik," katanya.

Ia mengatakan sosialisasi ini diharapkan bisa mengajak masyarakat untuk turut mengawal, mengawasi penyelenggaraan ataupun penyelenggara Pilgub Jateng. Pelaksanaan pemungutan suara sendiri akan dilaksanakan pada 26 Mei 2013.

Fajar pun mengatakan proses pilgub ini diharapkan menjadi pendidikan politik yang demokratis dan berjalan secara damai. Sosialisasi diharapkan bisa diketahui seluruh masyarakat di Jawa Tengah sehingga bisa menggunakan hak pilihnya untuk turut menentukan pemimpin Jateng.

Sementara itu Pimpinan Redaksi KompasTV, Taufik H Mihardja mengatakan kerjasama dengan KPUD Jawa Tengah terkait Pilgub ini merupakan yang kedua setelah kerjasama serupa pada penyelenggaraan Pilgub di Jawa Barat.

"Dengan kerjasama ini KompasTV bisa turut mensosialisasikan para kandidat untuk kesuksesan Pilgub. Dan hal ini bukan hanya dilihat secara lokal namun para kandidat juga akan dikenalkan secara nasional," ujar Taufik.

Salah satu acara yang akan diselenggarakan melalui kerjasama ini yakni debat kandidat para calon gubernur dan calon wakil gubernur pada 14 Mei mendatang. Taufik mengatakan acara ini akan disiarkan secara langsung di saluran nasional dan 16 jaringan KompasTV daerah.  "Waktunya biasanya malam pas primetime, untuk tempat dan lainnya masih dalam pembahasan," jelas Taufik.

Pihak KompasTV, ungkap Taufik, juga akan menyelenggarakan kerjasama serupa pada Pilgub di Jawa Timur mendatang.

Seperti diberitakan, terdapat tiga bakal calon yang akan bertarung pada Pilgub Jateng. Ketiga bakal calon tersebut yakni Gubernur petahana Bibit Waluyo dan Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo, anggota DPR RI Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko serta Sekda Jateng Hadi Prabowo dan Bupati Sumedang Don Murdono.

Penetapan calon gubernur dan wakil gubernur akan dilakukan oleh KPUD Jateng pada 11 April mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com