Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensus Pertanian Tidak Ada Kaitan dengan Pilkades

Kompas.com - 02/04/2013, 13:30 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik Lamongan sudah menyiapkan 1.556 petugas sensus yang tergabung dalam 389 tim untuk melaksanakan Sensus Pertanian 2013. Tantangannya, masyarakat enggan memberikan data sebenarnya akibat adanya kesalahan persepsi terkait pajak atau bantuan.

Kepala BPS Lamongan Lutfin Fana, Selasa (2/4/2013) menyatakan, sosialiasi digencarkan untuk mensukseskan sensus itu dan megurangi salah persepsi. Informasi yang benar dari masyarakat mendukung akurasi perencanaan pembangunan bidang pertanian yang tepat sasaran.

Sensus Pertanian (ST) 2013 akan dilaksanakan 1-31 Mei mendatang. Sensus ini akan mendata seluruh usaha pertanian di subsektor pangan holtikutura, perkebunan, peternakan, perikanan juga perikanan pada rumah tangga, perusahaan, pesantren/seminari, lembaga permasyarakatan, barak militer dan kelompok usaha bersama.

"Di Kabupaten Lamongan, sensus ini akan dilaksanakan oleh tim masing-masing beranggotakan empat orang, yakni satu orang koordinator tim dan tiga orang pencacah lapangan," kata Lutfin.

Sensus 10 tahunan itu sudah dilaksanakan sejak 1963. ST 2013 di Lamongan disosialisasikan kepada camat, kelompok lumbung pangan, kelompok tani, ternak dan perikanan serta kepala dinas terkait.

Sekretaris Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi menyatakan, sensus ini sangat penting karena datanya akan dijadikan dasar dalam perencanaan pembangunan di sektor pertanian. Sensus ini  harus disukseskan, disosialisasikan, dan diinformasikan kepada masyarakat Lamongan.

Sektor pertanian memegang peran penting. Kontribusi sektor pertanian dan subsektornya di Lamongan mencapai 41,85 persen. Sebanayak 25,14  persennya berasal dari subsektor tanaman bahan makanan  dan 14,31 persen dari subsektor perikanan serta sisanya dari subsektor kehutanan, perkebunan, peternakan dan hasil-hasilnya.

Ia mengingatkan, sensus itu tidak ada kaitannya dengan pelaksanaan pemilihan kepala desa. "Tidak boleh ada titipan muatan pilkades kepada petugas sensus," kata Yuhronur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com