Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22.600 Polisi Siap Amankan Pilgub Jateng

Kompas.com - 01/04/2013, 17:56 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -- Kepolisian Daerah Jawa Tengah telah menyiapkan sebanyak 22.600 personelnya untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2013. Selain itu, Polda Jateng juga sudah memetakan tempat-tempat yang rawan untuk dijaga lebih ketat.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol Djihartono mengatakan, upacara gelar pasukan sendiri baru akan dilaksanakan pada 7 Mei mendatang di kawasan Simpanglima. Selain itu, akan dilakukan penandatanganan kesepakatan pemilu damai oleh para para kandidat.

Pada pengamanan itu, pihaknya juga berkoordinasi dan melibatkan petugas dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan berbagai elemen masyarakat. Ia berharap pelaksanaan Pilgub di Jateng yang pemungutan suaranya akan digelar pada 26 Mei mendatang bisa berjalan lancar.

"Pengamanan sudah sejak pendaftaran hingga pelantikan nanti, dan tempat pemugutan suara (TPS) atau kegiatan Pilgub lain yang rawan gangguan Kamtibmas sudah dipetakan dan ada kriterianya sebagai upaya antisipasi," jelasnya kepada Kompas.com, Senin (01/04/2013).

Ia menambahkan sejumlah kegiatan pilgub yang menjadi fokus pengamanan, antara lain saat pemungutan suara, distribusi kotak dan surat suara serta penghitungan surat suara.

"Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), kediaman masing-masing calon juga akan dijaga, dan tentu semua tempat aktivitas masyarakat lain yang ramai," ujarnya.

Terkait dengan adanya laporan kecurangan pelaksanaan Pilgub Jateng 2013, Djihartono mengatakan, proses penyidikan akan dilakukan berdasarkan laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kalau ada laporan dari Bawaslu, baru kita bisa lakukan penyidikan," katanya.

Secara terpisah, Koordinator Indonesia Police Watch (IPW) Jawa Tengah Untung Budiarso mengatakan, jajaran Polda Jateng dengan kekuatan 35.000 personel diharapkan bisa mengamankan seluruh kegiatan pesta demokrasi, terutama saat pemungutan suara.

"Meski tidak semua personel diterjunkan, jumlah itu memang sebenarnya belum memadai untuk mengawal jumlah pemilih yang diperkirakan mencapai 26 juta jiwa. Sebab itu, berbagai antisipasi harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia menambahkan, IPW berharap jajaran intel di Polda Jateng yang berjumlah sekitar 2.472 harus lebih siap dalam mengumpulkan informasi tentang perkembangan kamtibmas agar tidak kecolongan. Selain itu para pasangan calon juga harus bisa menciptakan iklim sejuk dan damai baik dalam berkampanye ataupun berbagai kegiatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com