Jumat, 31 Oktober 2014

News / Regional

Polemik Bendera Aceh

Merah Putih di Takengon, Bulan Bintang di Banda Aceh

Senin, 1 April 2013 | 14:32 WIB

Terkait

BANDA ACEH, KOMPAS.com -- Bila di Banda Aceh massa dari berbagai daerah berkonvoi mengibarkan bendera Aceh, di Takengon, Aceh Tengah, ratusan warga Aceh Tengah dan Bener Meriah yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Leuser Antara berpawai keliling kota tersebut mengibarkan bendera merah putih. Aksi di Takengon pada Senin (1/4/2013) ini sebagai bentuk protes terhadap pengesahan Qanun Bendera dan Lambang Aceh, serta pernyataan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bendera bulan bintang bukan lambang Aceh, tapi hanya lambang kelompok tertentu di Aceh. Kami warga Gayo menolaknya. Kami tidak ingin lambang separatis menjadi lambang kami," kata koordinator lapangan Koalisi Rakyat Leuser Antara dalam aksi penolakan Qanun 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh.

Unjuk rasa dimulai dari Gedung Olah Seni. Sekitar pukul 11.00 di tempat tersebut telah berkumpul lebih dari 100 orang. Mereka terdiri atas mahasiswa, pemuda, dan masyarakat umum.

Dengan mengendarai sepeda motor, mereka bergerak menuju Jalan Sengeda, lewat depan RSUD Takengon. Setelah itu massa memutar menuju Simpang Empat, melalui Pasar Bawah, sebelum akhirnya berakhir di Gedung DPR Kabupaten Aceh Tengah. Di halaman gedung dewan, massa menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil mengangkat bendera merah putih.

 


Penulis: Mohamad Burhanudin
Editor : Nasru Alam Aziz