Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Pembakaran Kantor DPD Golkar

Kompas.com - 31/03/2013, 13:36 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

PALOPO, KOMPAS.com - Pembakaran kantor DPD Golkar di Palopo dipicu hasil rapat pleno KPU yang menetapkan Judas Amir-Ahmad Syaifuddin sebagai pemenang Pemilihan Wali Kota Palopo.

Sejak Minggu (31/3/2013) subuh, massa dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo yakni Haidir Basir-Thamrin Jufri dan Judas Amir-Ahmad Syaifuddin sudah memadati jalan-jalan di sekitar lokasi kantor KPUD Palopo. Mereka menantikan rapat pleno penetapan pemenang Pilwakot Palopo.

Setelah KPUD mengumumkan pemenang Pilwakot Palopo adalah Judas Amir-Ahmad Syaifuddin, massa pendukung salah satu calon mengamuk. Sekitar pukul 13.30 siang, mereka menyerbu kantor DPD Partai Golkar yang tidak jauh dari Kantor KPUD Palopo di Jenderal Sudirman.

Awalnya massa hanya melempar batu ke arah kantor yang mengakibatkan kaca pecah. Namun, aksi anarkis mereka meningkat dengan membakar kantor.

Berselang beberapa menit kemudian, kantor Wali Kota Palopo yang berlokasi sekitar dua ratus meter dari Kantor DPD Golkar, juga dibakar.

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait aksi pembakaran kantor Golkar dan kantor wali kota tersebut. Hingga pukul 14.30 Wita, massa masih berkonsentrasi di beberapa titik kota Palopo. Suasana kota ini terlihat mencekam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com