Libur Paskah, 8.000 Pengunjung Padati Monas - Kompas.com

Libur Paskah, 8.000 Pengunjung Padati Monas

Kurnia Sari Aziza
Kompas.com - 30/03/2013, 17:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain Ragunan, Ancol, dan Taman Mini, Monumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon Ibu Kota, tampaknya masih menarik warga untuk memanfaatkan libur panjang Paskah, Sabtu (30/3/2013). Sepanjang hari ini tercatat sudah 8.000 pengunjung datang ke Monas, mulai dari sekadar berlibur hingga naik ke cawan Monas.

Jumlah itu jauh lebih tinggi dibanding dengan hari pertama liburan, pada Jumat (29/3/2013) kemarin yang mencapai 7.200 pengunjung.  

"Hari ini sekitar 8.000 pengunjung yang datang. Karena kebanyakan dari pengunjung beranggapan kalau belum ke Monas, berarti belum ke Jakarta," kata Rini kepada Kompas.com, di Jakarta.

Menurut Rini, Monas merupakan tujuan wisata alternatif bagi warga kelas menengah ke bawah untuk dapat berwisata sambil belajar. Harga tiket masuk yang telah ditetapkan di Monas, antara lain, untuk anak-anak ditetapkan Rp 2.000, mahasiswa Rp 3.000, dan dewasa Rp 5.000. Adapun tiket naik ke puncak Monas, ditetapkan Rp 2.000 untuk anak-anak, Rp 5.000 untuk mahasiswa, dan Rp 10.000 untuk dewasa.

Kendati harga tiket masuk Tugu Monas ini sudah naik dari sebelumnya, tapi harganya masih tergolong murah sehingga memancing minat warga dari penjuru kota untuk berkunjung ke kawasan wisata di jantung kota Jakarta ini.

Rini menjelaskan, untuk meramaikan liburan panjang ini, pihak Monas sama sekali tidak melakukan persiapan penyelenggaraan acara atau hiburan. Kendati demikian, ia tetap yakin, pengunjung masih akan membeludak hingga Minggu esok.

Sebagai antisipasi pembeludakkan pengunjung, pihak Monas pun telah berkoordinasi bersama Pemprov DKI untuk menjaga simbol kebanggaan warga Ibu Kota tersebut. "Sudah ada Satpol PP yang selalu menjaga 24 jam, petugas Dinas Kebersihan untuk membersihkan sampah, dan sebagainya," kata dia.

PenulisKurnia Sari Aziza
EditorErlangga Djumena
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM