Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Agung di Timika Tanpa Pengamanan Ketat

Kompas.com - 29/03/2013, 21:50 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Ribuan umat kristiani di Kota Timika, Papua, memperingati kisah sengsara Yesus Kristus pada misa Jumat Agung yang diadakan di sejumlah gereja yang tersebar di Kota Timika, Jumat siang (29/3/2013). Beberapa gereja juga menggelar dramatisasi prosesi penyaliban Yesus.

Dari pantauan Kompas.com di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, ribuan warga Katolik mengikuti ibadah Jumat Agung yang dimulai pukul 15.00 WIT, dipimpin oleh Pastor Amandus Rahadat Pr. Banyaknya umat yang hadir dalam perayaan ini, sehingga sebagian harus berdiri di halaman gereja.

Misa Jumat Agung di Gereja Katedral Timika, diawali dengan pembacaan kisah sengsara Yesus Kristus dan dilanjutkan dengan upacara mencium salib. Meski umat yang mengikuti perayaan membeludak namun ibadah tetap berlangsung dengan khidmat dan berlangsung aman hingga selesai.

Sehari sebelumnya, Kamis (28/3/2013), pada perayaan Kamis Putih, Pastor Amandus dalam khotbahnya meminta umat Katolik di Timika untuk meneladani hidup Yesus. "Perayaan malam ini adalah perayaan cinta kasih, kepada umat Katolik, dari mana pun asalmu, saya berpesan ampunilah musuhmu," jelas Amandus.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada rangkaian perayaan Jumat Agung (Wafat Isa Almasih) hingga perayaan Paskah, tak terlihat penjagaan terbuka dari aparat kepolisian Polres Mimika. Perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral Timika hanya dijaga sejumlah pemuda gereja yang menutup ruas Jalan Yos Sudarso depan gereja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com