Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo di BPN, Massa Petani Lereng Kelud Naiki 30 Truk

Kompas.com - 28/03/2013, 13:26 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Massa petani asal Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berunjuk rasa di depan kantor Badan Pertanahan Nasional, di Jalan Veteran, Kota Kediri, Kamis (28/3/2013). Mereka menggelar aksi guna mempertanyakan Hak Guna Usaha (HGU) dari PT Sumbersari Petung.

Massa yang terdiri dari laki-laki dan perempuan serta beratribut serba merah itu datang dengan menggunakan sekitar 30 truk bak terbuka sekitar pukul 10.00. Mereka membentuk barikade dan berorasi di halaman kantor BPN. Dalam selebaran yang diedarkan, mereka menuntut dicabutnya HGU PT SSP dan segera dibagikan kepada para petani yang telah menggarapnya.

Menurut mereka, tanah yang dikuasai PT SSP seharusnya adalah tanah terlantar sehingga harus diserahkan kepada petani sebagai penggarap. " HGU itu harus segera di kaji ulang oleh BPN," tulis Tenang H, koordinator aksi.

Dalam selebaran itu pun disebutkan, sebelumnya memang pernah ada redistribusi tanah oleh BPN Provinsi Jawa Timur seluas 372 hektar. Namun pada kenyataan, hanya dibagikan seluas 250 hektar, sehingga masih terhutang seluas 122 hektar. "Ke mana tanah yang 122 hektar itu," imbuhnya.

Penjagaan ketat dilakukan oleh aparat kepolisian. Bahkan satu unit kendaraan water canon disiagakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com