Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Pasang Cagub-cawagub Daftar Pilgub Malut

Kompas.com - 27/03/2013, 03:22 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Sebanyak 6 pasangan Calon Gubernur (Cagub) telah mendaftar di KPUD Provinsi Maluku Utara. 6 pasangan Cagub ini bakal bertarung pada Pemilihan Gubernur Maluku Utara, 1 Juli 2013.

KPUD Malut membuka pendaftaran bakal calon itu sejak 20 Maret hingga 26 Maret 2013. Namun kebanyakan para pasangan Cagub lebih memilih mendaftarkan diri pada injury time.

"Iya, hari ini penutupan dan yang sudah mendaftar sebanyak enam pasangan calon gubernur," ungkap Ketua KPUD Malut Mulyadi Tutupoho, Selasa (26/3/2013).

Masing-masing pasangan Cagub yang mendaftarkan diri di KPUD Malut sejak Selasa pagi di antaranya pasangan Ahmad Hidayat Mus dan Hasan Doa. Kedua pasangan ini diusung oleh Partai Golkar, PPP, PDS, Hanura dan PKPB.

Ahmad Hidayat Mus saat ini masih menjabat sebagai Bupati Kepulauan Sula dan pasangannya Hasan Doa juga dari kalangan politisi merupakan mantan Bupati Halmahera Selatan. Pasangan ini setelah mendaftarkan diri di KPUD, langsung mendeklarasikan diri di Ibukota Provinsi Maluku Utara yakni di Sofifi.

Kemudian ada mantan Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara Muhadjir Albaar yang berpasangan dengan Ketua DPW PAN Malut Sahrin Hamid. Pasangangan ini diusung Partai Demokrat, PAN dan PBB.

Menyusul pasangan yang sebelumnya mengalami masalah dengan dukungan perorangan yakni Hein Namotemo dan Malik Ibrahim. Kedua pasangan ini mendaftarkan diri di KPUD Malut melalui jalur perorangan. Hein Namotemo adalah Bupati Halmahera Utara dan Malik Ibrahim merupakan Kepala Dinas Tata Kota Ternate.

Calon berikutnya yakni mantan Wali Kota Ternate Syamsir Andili dan pasangannya Benny Laos dari kalangan pengusaha. Pasangan Syamsir Andili dan Benny Laos diusung Partai Gerindra bersama 18 partai non parlemen.

Pasangan yang mendaftar lebih dulu yakni pasangan Abdul Ghani Kasuba yang saat ini masih berstatus Wakil Gubernur Maluku Utara berpasangan dengan Muhammad Natsir. Pasangan ini diusung Partai Keadilan Sejahtera.

Pasangan lainnya yakni Namto Hui Roba dan Ismail Arifin. Namto Hui Roba merupakan Bupati Halmahera Barat. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Selanjutnya, KPUD akan melakukan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual terhadap masing-masing pasangan calon yang telah mendaftarkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com