Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Imigran Gelap Asal Srilanka Tertangkap di Malang

Kompas.com - 26/03/2013, 16:40 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 21 imigran gelap ditangkap di perairan wilayah Malang, Jawa Timur. Para imigran tersebut berasal dari Srilanka. Mereka sudah tiga hari terapung di tengah laut Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Berdasarkan keterangan Kepala Satuan Polisi Air Laut dan Udara Polres Malang Iptu Prayitno, Selasa (26/3/2013), para imigran gelap itu rencananya akan menuju Australia. "Mereka berangkat dari negaranya 90 hari lalu," kata Prayitno.

Mereka terdampar di Pantai Balekambang, Malang, setelah aki perahu mengalami kerusakan. "Dari pengakuan mereka, sudah tiga hari terapung di tengah laut," kata Prayitno.

Dari 21 imigran itu, 17 orang laki-laki dewasa, 2 orang perempuan dewasa, dan 2 orang masih anak-anak. "Syukur, semuanya masih selamat dan sehat di atas perahunya. Bahkan, ABK-nya juga dari Srilanka," kata Prayitno.

Seluruh imigran itu tak memiliki dokumen resmi. "Semuanya ilegal akan berangkat ke Australia. Saat ini akan dikirim ke Kantor Imigrasi Kelas I Malang," kata Prayitno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com