Selasa, 23 September 2014

News / Regional

Bencana Alam

Sebagian Agam Dilanda Banjir Bandang

Senin, 25 Maret 2013 | 23:19 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Banjir bandang menyusul curah hujan deras pada Senin (25/3/2013) sore, menimbulkan banjir bandang di sebagian wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito, saat dihubungi dari Padang pada Senin malam, menyebutkan sejumlah nagari di Kecamatan Tanjung Raya dan Kecamatan Palembayan, Agam, dilanda banjir bandang itu.

Bambang mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun sekitar 150 unit rumah dan lebih dari 100 hektar sawah terendam banjir tersebut. Genangan air sekitar 60 sentimeter. Menjelang Senin tengah malam, tinggi genangan berangsur turun.

Menurut Bambang, banjir bandang itu sekurangnya terjadi di Pasar Rabaa, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya serta di Nagari Salareh Aie, Kecamatan Palembayan.

Bambang menyebutkan, sejumlah petugas BPBD Agam telah melakukan upaya pembersihan sejumlah rumah warga yang terlanda material banjir bandang dengan membawa kandungan lumpur. Hal itu akan dilanjutkan pada Selasa (26/3) menyusul apel gabungan untuk mendirikan posko gabungan di tingkat kecamatan serta meneruskan upaya pembersihan material banjir bandang.    

 

 


Penulis: Ingki Rinaldi
Editor : Agus Mulyadi