Kamis, 24 April 2014

News / Regional

KPU Kabupaten Cirebon Perbaiki DPT

Selasa, 19 Maret 2013 | 19:56 WIB

Baca juga

CIREBON, KOMPAS.com -- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan bupati 2013 dan pemilu presiden 2014 dengan pengecekan di setiap kecamatan. Artinya, DPT di setiap kecamatan harus dicek dulu oleh panitia pemilihan kecamatan setempat sebelum dihitung secara keseluruhan di tingkat kabupaten.

"Pada Pemilu Gubernur Jabar lalu, data dari tiap kelurahan langsung dimasukkan ke form aplikasi secara online di tingkat kabupaten. Namun, kami kesulitan menggunakan form aplikasi itu sebab angka-angka yang kami isikan ke dalam form itu ternyata setelah dicetak hasilnya berbeda. Kami tidak paham kesalahannya ada di mana," ungkap Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Iding Wahidin, Selasa (19/3/2013) di Cirebon.

Pada Pemilu Gubernur Jabar 2013, DPT Kabupaten Cirebon karut-marut. Di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) ditemukan pemilih ganda dan pemilih yang masih terdaftar sekalipun sudah tidak tinggal di wilayah tersebut.

Iding mengatakan, petugas pemutakhiran daftar pemilih (PPDP) di Kabupaten Cirebon sudah melakukan validasi atas DPT Pilgub. "Namun, saat sudah dikirimkan ke KPU Provinsi Jabar, data yang dikirimkan kepada kami ternyata masih sama dengan data sebelum divalidasi," katanya.

Untuk menghindari hal itu terulang dalam Pilkada Cirebon dan Pilpres 2014, Iding menginginkan pengecekan DPT dilakukan di setiap kecamatan. PPK setempat diwajibkan langsung mengoreksi jika ada kesalahan DPT sebelum hasilnya dikirimkan ke KPU Kabupaten Cirebon.

Secara terpisah, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Indramayu Ajun Komisaris I Nyoman Dita mengatakan, pihaknya menangkap Koordinator Presidium Pembentukan Provinsi Cirebon (P3C) Nana Sudiana di Indramayu, Senin sore. Nana yang juga menjabat koordinator pengawas sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu itu diduga berkampanye untuk pasangan Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang F Hakim di hadapan ratusan guru dalam suatu kegiatan di Kecamatan Losarang, Indramayu.


Penulis: Rini Kustiasih
Editor : Nasru Alam Aziz