Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Polewali, Satu Siung Bawang Putih Rp3.000

Kompas.com - 17/03/2013, 10:34 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

 POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Melonjaknya harga bawang membuat pedagang dan konsumen resah. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, harga bawang putih per kilogram mencapai lebih dari Rp50.000. Selain barangnya langka, harga pun sudah hampir tak terjangkau untuk daya beli pedagang dan konsumen. Bahkan, kini, satu siung bawang putih dijual dengan harga Rp3.000.

Tingginya harga bawang ini menjadi pukulan telak bagi para pemilik warung makan. Sebab, setiap harinya mereka membutuhkan stok bawang merah mau pun bawang putih dalam jumlah besar.  

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Sentral Pekkabata Polewali Mandar, Wardiman, berharap pemerintah segera menurunkan harga bawang. Menurutnya, kondisi saat ini sudah mematikan pedagang.

"Pemerintah harus segera menurunkan harga bawang agar tidak mematikan pedagang," harap Wardiman.

Sementara itu, pedagang lainnya, Lia, mengaku, sudah tidak pekan menjual bawang. Ia tak punya modal untuk menyetok bawang yang harganya sangat tinggi. "Harganya mahal sekali, pembeli jarang," kata Lia.

Sejak tiga pekan terakhir, di Polewali Mandar, tak hanya harga bawang yang melambung tinggi. Harga cabe dan tomat pun ikut mengalami kenaikan. Tomat yang biasanya hanya Rp5.000 per kilogram kini dijual Rp7.000. Sementara cabe, dari Rp8.000 per kilogram menjadi Rp12.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com