Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Syamsudin Noor Diharapkan Tetap Embarkasi Haji

Kompas.com - 16/03/2013, 00:26 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin diharapkan tetap sebagai embarkasi haji pada musim haji 2013 dan seterusnya, demikain dikatakan Kepala Kementerian Agama Kalimantan Selatan H Abdul Halim, Jumat.

"Mari kita semua, terutama kaum muslim, semoga Bandara Syamsudin Noor pada tahun ini dan seterusnya tetap sebagai embarkasi haji," kata Abdul Halim, kepada Antara, di Banjarmasin, Jumat (15/3/2013).

Ia mengungkapkan, peringatan pemerintah Arab Saudi mengenai persyaratan pesawat yang mengangkut jemaah calon haji atau yang boleh masuk Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, sudah sejak tiga tahun lalu.

"Namun terkait dengan persyaratan itu, terlebih berkaitan dengan masalah bandara, kami dari Kementerian Agama (Kemenang) tidak bisa berbuat banyak," lanjutnya di sela-sela syukuran Gedung Dakwah Nahdatul Ulama Kalsel.

"Tapi kami melalui Kementerian Agama Pusat tetap berupaya agar pemerintah Arab Saudi menunda pemberlakukan persyaratan angkutan jemaah calon haji, yang mereka tetapkan," demikian Abd Halim.

Pada kesempatan terpisah, Ketua DPRD Kalsel Nasib Alamsyah bwerharap, pemerintah provinsi (Pemprov) setempat bersama instansi terkait terus berupaya agar Bandara Syamsudin Noor tetap sebagai embarkasi haji tahun ini.

"Kalau cuma masalah landasan pacu bandara, untuk pendaratan pesawat berbadan lebar (air bus), mungkin dengan kerja keras dan kebersamaan, kita bisa mengatasi," ujar pensiunan TNI-AD.

"Untuk itu pula, perlu koordinasi yang mantap antara pihak terkait, sehingga persyaratan minimal berupa perpanjangan landasan pacu bandara bisa segera terealisasi, sebelum musim haji 2013 tiba," demikian Nasib Alamsyah.

Sekitar tiga tahun lalu, pemerintah Arab Saudi mensyaratkan angkutan jemaah calon haji yang boleh masuk Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, hanya pesawat berbadan lebar dengan kapasitas penumpang minimal 500 orang.

Sedangkan selama ini, angkutan jemaah calon haji embarkasi Kalsel melalui Bandara Syamsudin Noor, baru menggunakan pesawat jenis Boeng dengan kapasitas angkut sekitar 375 orang penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com