Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penambang Pasir Temukan Jasad Janin Bayi

Kompas.com - 13/03/2013, 14:54 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com — Penemuan janin bayi laki-laki yang diperkirakan masih berusia enam bulan kandungan menggegerkan warga Kolaka, Sulawesi Tenggara, khususnya warga yang bermukim di Kelurahan Sabilambo. Warga sekitar menduga bahwa mayat bayi laki-laki ini adalah hasil hubungan gelap.

Penemuan mayat bayi laki-laki tersebut berawal saat seorang warga, Sudirman, sedang menjalani aktivitas sehari-harinya sebagai penambang pasir di Kali Merah, Sabilambo. Setelah merasa yakin bahwa yang dia lihat itu adalah mayat bayi, Sudirman pun melaporkan temuan itu ke polisi.

"Tiap hari kan saya bekerja sebagai pengumpul pasir sungai di sini. Nah tadi pagi ada yang mencurigakan, saya panggil teman untuk meyakinkan kalau yang saya lihat itu bayi laki-laki," tegasnya, Rabu (13/3/2013).

Sudirman menambahkan, pada saat ditemukan, mayat bayi tersebut dalam kondisi tengkurap tanpa satu pun pengalas. Kondisi bayi tersebut sudah tidak utuh lagi, sebagian tubuhnya sudah terkelupas. "Kemarin saya kerja sampai sore belum ada bayi itu. Bayi itu kata orang-orang kampung saat melihatnya sudah sekitar 6 bulan umurnya, tapi di dalam perut. Mungkin ini akibat dari pengguguran," tambah Sudirman.

Warga sekitar, Imran, mengutarakan, meskipun penemuan janin bayi di sekitar areal permukiman, tetapi kondisi sungai kalau malam hari gelap gulita. "Kita tidak bisa pastikan kalau semalam itu ada yang mencurigakan. Lihat saja jarak sungai dan rumah warga hanya sekitar 20 meter. Kalau malam kita sulit melihat yang mencurigakan, karena sungai ini selain banyak penambang pasir, biasa juga mobil masuk untuk mengangkut pasir dan mencuci mobil. Biasa aktivitas itu sampai malam hari," cetus Imran.

Setelah ditangani tim identifikasi Polres Kolaka, bayi malang tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Benyamin Guluh, Kolaka untuk diperiksa. Pihak rumah sakit menegaskan setelah melakukan pemeriksaan dan proses pembersihan, janin bayi tersebut akan dikebumikan di tempat pemakaman umum di Kecamatan Latambaga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com