Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kendal, Harga Bawang Juga Menggila

Kompas.com - 13/03/2013, 05:47 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.Com - Harga bawang putih di penjual sayur keliling di Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, mencapai Rp 68 ribu per kilogram.Sedangkan harga bawang merah, mencapai Rp 52.000 rupiah per kilogram. Pedagang eceran pun kelimpungan.

"Saya belinya juga sudah tinggi. Di pasar perkilonya, bawang putih Rp. 60.000 dan bawang merah Rp 45 ribu," kata salah satu pedagang sayur keliling di Kaliwungu, Salamah, Selasa (12/3/2013). Dia pun mengaku bingung bagaimana berjualan bumbu ini.

Salamah mengaku sering diomeli pembeli karena tingginya harga bawang hari-hari ini. Kalau dulu dia bisa meladeni pembelian bawang dengan harga eceran Rp 1.000, kini sudah tak bisa lagi.

"(Tapi) mau tidak jualan bawang putih dan merah, masih banyak yang menanyakan. Tapi kalau jualan, tidak laku karena harganya tinggi," keluh Salamah. Dia mengatakan kenaikan harga bawang putih dan merah ini sudah terjadi sejak seminggu lalu.

Salah satu pedagang bumbu di pasar Kendal, Kristina, membenarkan harga bawang putih dan merah naik sejak seminggu terakhir. Bawang putih, sebut dia, dari semula Rp 30 ribu per kilogram, dalam sepekan sudah melonjak menjadi Rp 60 ribu. Demikian juga dengan bawang merah, yang semula satu kilogramnya berharga Rp 20 ribu kini melonjak menjadi Rp 45 ribu.

"Karena naik terus, saya hanya berjualan bawang putih dan merah sedikit. Ini untuk melengkapi dagangan saja," kata Kristina, Selasa (12/3/2013). Kristina menjelaskan, sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mau beli bawang putih dan merah dengan jumlah banyak. Paling banyak, sebut dia, satu pembeli hanya membeli seperempat kilogram bawang putih atau bawang merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com