Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi Tiba di Manado

Kompas.com - 09/03/2013, 20:42 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- Sebanyak 172 anggota Tim Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi Korwil Utara tiba di Manado dengan menumpangi dua Pesawat Hercules milik TNI AU, Sabtu (9/3/2013) sekitar pukul 15.00 Wita.

Para peserta ekspedisi yang terdiri atas berbagai komponen, mulai tentara, polisi, peneliti, dan mahasiswa tersebut disambut langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil serta Komandan Ekpedisi Korwil Utara yang juga merupakan Komandan Resor Militer 131 Santiago, Brigjen TNI Johny L Tobing.

Dalam sambutannya, Djouhari Kansil mengharapkan kedatangan peserta ekspedisi dapat membangkitkan semangat anak bangsa, khususnya yang ada di Sulawesi Utara, untuk berkomitmen membangun negeri tercinta.

"Semoga kedatangan peserta ekspedisi ini dapat memberikan harapan besar di tengah kuatnya komitmen untuk mengukuhkan kembali spirit nasionalisme," ujar Kansil di hadapan peserta upacara penyambutan.

Peserta ekpedisi akan menjelajahi pulau Sulawesi selama empat bulan ke depan untuk meneliti keanekaraghaman hayati, flora dan fauna. Ekspedisi juga akan meliputi kegiatan pemetaan wilayah serta menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah pelosok dan terpencil.

Untuk Korwil Utara, tim dibagi ke sub korwil Sangihe, Minahasa dan Gorontalo. Setelah upacara penyambutan, anggota ekspedisi sub korwil Minahasa langsung berangkat ke lokasi, sementara tim ke Sangihe nanti diberangkat pada 12 Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com