Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Register 45 Mesuji Rayakan Melasti

Kompas.com - 09/03/2013, 16:59 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MESUJI, KOMPAS.com - Ratusan umat Hindu di wilayah Moro-Moro, Register 45 Mesuji, melakukan upacara perayaan Melasti, Sabtu (9/3/2013). Perayaan keagamaan umat Hindu ini berlangsung meriah. Ratusan warga Hindu keturunan Bali se-Kecamatan Way Serdang melakukan sembahyang di Lapangan Kali Pasir Asahan. Upacara Melasti ini bertujuan mensucikan diri dan membuang pengaruh buruk. -

Sekretaris Jenderal Persatuan Petani Moro-Moro Way Serdang (PPMWS) Syahrul Sidin mengatakan, acara ini juga dihadiri perwakilan dari pemeluk agama lainnya. "Register 45 selalu dikenal dengan wilayah konflik dan berita kekerasan. Tapi, hal yang senantiasa luput dari perhatian media dan publik adalah suasana hidup damai, saling berdampingan menghargai antar-umat beragama," ujar Syahrul melalui siaran persnya.

Menurutnya, di Moro-Moro terdapat berbagai pemeluk agama dari Islam, Hindu, dan Kristen. "Kami saling hidup damai. Tempat-tempat ibadah bebas berdiri di wilayah yang belum diakui oleh pemerintah ini," ujarnya.

Berdasarkan data PPMWS, saat ini terdapat lebih dari 10 mushala, 3 gereja, dan 4 pura di Moro-Moro yang berada di kawasan hutan Register 45 Mesuji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com