Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irsyad Yusuf-Riang Kulup Menang

Kompas.com - 07/03/2013, 21:17 WIB
Dahlia Irawati

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Pasangan Irsyad Yusuf-Riang Kulup Prayuda memenangi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan 3 Maret 2013 lalu. Jika tidak ada halangan, kedua pemimpin baru Kabupaten Pasuruan tersebut akan dilantik pada 9 Juli mendatang.

Kemenangan pasangan itu diketahui dari hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan kepala daerah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, oleh Komisi Pemilihan Umum setempat, Kamis (7/3/2013).

Irsyad yang merupakan adik Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, meraih 309.416 suara atau 41,47 persen dari total 800.598 suara yang masuk. Pasangan yang diusung oleh PKB dan Partai Demokrat ini unggul mutlak dari lima pasangan lain, termasuk dua pasangan incumbent.

Perolehan suara terdekat dengan Irsyad-Riang adalah pasangan Udik Djanuantoro-Joko Cahyono (diusung oleh Golkar) meraih 169. 282 suara (22,69 persen). Perolehan suara terbanyak ketiga diraih pasangan Eddy Paripurna (Wakil Bupati Pasuruan)-Bambang Pudjiono yang diusung PDI-P, PAN, dan 15 partai non parlemen dengan 108.226 suara (14,51 persen).

Sementara pasangan Anwar Sadad-Dade Angga (Bupati Pasuruan) menempati posisi kelima dari enam pasangan dengan 62.502 suara (8,38 persen) .

"Hasil ini melegakan kami. Berikutnya kami akan mengikuti tahapan lanjutan dari proses pemilihan kepa la daerah ini. Yang terpenting setelah ini, pasangan yang kami usung bisa segera melakukan program-program untuk membangun Kabupaten Pasuruan," ujar Muslim Mustajab, Ketua Tim Sukses pasangan Irsyad Yusuf-Riang Kulup Prayuda.

Hasil rekapitulasi pilkada Kabupaten Pasuruan hingga saat ini diterima oleh seluruh pasangan calon. Dua dari enam saksi dari pasangan calon turut hadir, dan menandatangani berita acara penetapan hasil pilkada saat itu .

"Hingga rekapitulasi suara, tidak ada keberatan dari pasangan calon lain, sehingga hasil pilkada ini sudah final. Jika tidak ada halangan, pelantikan bupati dan wakil bupati Pasuruan terpilih akan dilakukan pada 9 Juli mendatang," tutur Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasuruan, Zainal Abidin .

Sebagaimana pilkada sebelumnya, tingkat kehadiran pemilih dalam pemilukada Kabupaten Pasuruan terbilang tinggi yaitu 69,89 persen dari total daftar pemilih tetap sebanyak 1.145.502 orang. Pada pilkada tahun 2008, tingkat partisipasi pemilih sebanyak 70,50 persen.  

"Tingginya tingkat partisipasi warga dalam setiap pilkada, menunjukkan bahwa kesadaran warga Kabupaten Pasuruan untuk berpolitik dan menyalurkan suara demi pembangunan di wilayahnya cukup tinggi," ujar Zainal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com