Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Diminta Segera Beli Gabah Petani

Kompas.com - 07/03/2013, 12:17 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com — Menjelang panen padi musim tanam (MT) II-2012, petani di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, meminta Perum Bulog bisa segera turun ke lapangan melakukan pembelian gabah petani.

"Petani saat ini tengah menghadapi panen raya yang serentak berlangsung hingga akhir Maret 2013. Ada gejala harga gabah kering panen di petani mulai rendah," ujar Sunandar, petani di Desa Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jateng, Kamis (7/3/2013).

Harga gabah kering panen saat ini Rp 3.800 per kilogram. Harga gabah di tingkat petani hanya Rp 3.600 per kilogram. Menurut Wiryo, petani di Desa Pengkol, Grobogan, harga gabah basah masih laku Rp 3.100 per kilogram.

Meski harganya lumayan, seiring meluasnya lahan sawah yang panen padi, banyak pedagang beras menawar harga gabah basah di bawah Rp 3.000 per kilogram.

Wiryo mengatakan, Bulog melalui mitranya sudah harus turun untuk membeli gabah langsung dari petani. Tujuannya, supaya petani juga memperoleh posisi tawar harga gabah lebih baik ketimbang dibeli murah oleh tengkulak.

Terkait dengan panen raya tahun ini, Menteri Pertanian Suswono dijadwalkan akan memperkenalkan pemanfaatan mesin panen bagi petani di hamparan lahan padi di Desa Pengkol, Grobogan, Kamis siang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com