Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong, Transjakarta Tabrak Tiga Mobil di Latuharhary

Kompas.com - 06/03/2013, 14:19 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bus transjakarta menabrak tiga mobil sebelum menabrak pagar pembatas jalan di Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat. Penyebabnya, rem blong.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (6/3/2013) sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu, bus transjakarta bernomor polisi B 7023 IS hilang kendali saat melintas di jembatan Jalan Rasuna Said ke arah Menteng.

Bus transjakarta dengan kode JET-012 ini langsung menabrak sebuah mobil es krim bernopol B 9683 ZG. Lantas, mobil boks berisi es krim itu menabrak taksi White Horse yang tengah berhenti hingga mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian belakang.

"Saya lagi di jalur dua, berhenti, ada lampu merah. Tiba-tiba ada suara tabrakan dari belakang. Ketika lihat spion, mobil boks sudah nabrak dari belakang," kata Arianti, sopir taksi yang sedang membawa tiga penumpang.

Setelah menabrak mobil boks, bus transjakarta itu banting setir ke kiri, ke arah Jalan Latuharhary. Bus jurusan Ragunan-Harmoni ini lalu menabrak mobil Toyota Innova bernopol B 1159 PX hingga kaca belakangnya pecah dan terlepas.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, bus transjakarta ini mengalami kerusakan parah. Bumper bus itu copot serta kaca depan bus retak. Bumper belakang bus ini juga mengalami kerusakan di beberapa titik.

Latief Budiarto, pramudi transjakarta naas itu, mengaku sudah punya firasat ketika mengetahui angin rem habis. Makanya, saat berada di Halte Setiabudi, dia sudah mengevakuasi semua penumpang.

"Sebenarnya sudah ada tanda-tanda, makanya saya menurunkan semua penumpang di Setiabudi. Benar saja kan kejadian," ujarnya.

Akibat kejadian ini, Jalan Rasuna Said ke arah Menteng mengalami kemacetan. Sementara itu, bus transjakarta dan mobil yang menjadi korbannya masih menunggu diderek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com