Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Pilkada Jateng Akan Mengulang Sukses Pilkada DKI Jakarta

Kompas.com - 06/03/2013, 02:32 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Bakal calon gubernur Jawa Tengah yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, yang berpasangan dengan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko mengaku optimistis mesin partai akan bekerja untuk kemenangannya. Menurutnya, kekuatan daerah sudah siap dan Pilkada Jawa Tengah ini akan mengulang kesuksesan PDI Perjuangan di Pilkada DKI Jakarta.

Saat ditanya adanya kemungkinan suara PDI Perjuangan pecah karena ada kader yang memiliki cukup banyak pendukung tetapi justru tidak mendapat rekomendasi dari partai, Ganjar mengatakan hal itu tidak terjadi. "Kalau pecah, mudah. Kan bisa dilem lagi," ujarnya, Selasa (5/3/2013) malam.

Ganjar mengatakan, saat akan melakukan pendaftaran di KPUD Jawa Tengah, ia sudah menerima sedikitnya 157 pesan singkat berisi dukungan dari berbagai daerah. Ia yakin kali ini semua elemen PDI Perjuangan akan bergotong royong untuk pemenangannya.

"Struktur di Jateng ini solid, dari 22 kandidat yang di dalamnya, ada beberapa kader mengaku siapa pun yang terpilih akan didukung, jadi pasti mendukung," jelasnya.

Pilkada kali ini, kata Ganjar, diharapkan menjadi pembelajaran politik yang semakin baik, fair, dan memberikan edukasi politik kepada semua pihak. Siapa pun yang maju dalam pilgub diharapkan menaati semua prosedur untuk memilih pemimpin terbaiknya.

Menurut Ganjar, proses pemilihan kandidat pada Pilkada Jateng kali ini memang berbeda dengan daerah lain. Dari 22 kandidat PDI-P, penilaian telah dilakukan berupa uji kepatutan dan kelayakan, psikotes, dan survei. Juga terjadi tarik ulur di DPP, sampai akhirnya muncul rekomendasi nama melalui penyaringan yang ketat.

Terkait dengan posisinya di DPR RI, Ganjar akan segera melapor kepada Badan Kehormatan sesuai dengan aturan yang ada. Hal senada juga disampaikan Heru Sudjatmoko yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Bupati Purbalingga.

Seperti diketahui, pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan dan didaftarkan pada hari terakhir pendaftaran di KPUD Jawa Tengah. Pasangan ini direkomendasikan karena dinilai bisa menjadi pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com