Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekda Jateng dan Bupati Sumedang Daftar Pilgub di Jam Terakhir

Kompas.com - 06/03/2013, 02:13 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Sekda Jawa Tengah Hadi Prabowo berpasangan dengan Bupati Sumedang Don Murdono akhirnya mendaftarkan diri menjadi bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah 2013-2018. Pasangan yang diusung koalisi enam partai tersebut mendaftar di jam terakhir pendaftaran pada Selasa (5/3/2013) dan baru selesai sekitar pukul 24.00 WIB.

Awalnya kedua pasangan ini sama-sama masuk dalam daftar nama calon yang akan diusung PDI Perjuangan. Bahkan Don Murdono sendiri diketahui merupakan kader PDI Perjuangan. Namun keduanya memutuskan mendaftar dengan dorongan enam partai yakni Partai Gerindra, PKS, PKB, Hanura, PKNU dan PPP. Berkas pendaftaran diterima langsung oleh Ketua KPUD Jawa Tengah Fajar Saka. Pengecekan berkas dilakukan cukup lama karena banyaknya partai yang mengusung.

Fajar mengatakan, sudah dipastikan pasangan ini merupakan yang terakhir mencalonkan diri dan dipastikan tidak ada pencalonan lagi, sebab jumlah kursi yang mencalonkan pasangannya sudah mencapai 100 persen. "Jumlah kursi dari partai pendukung mencapai 40 kursi, sehingga dinyatakan memenuhi syarat," katanya.

Hadi Prabowo mengatakan akhirnya mau dicalonkan karena adanya dorongan dari keenam partai pengusungnya. Ia pun mengaku berterimakasih pada PDI Perjuangan yang memberinya kesempatan untuk ikut seleksi mesti tidak mendapat rekomendasi. "Sebagaimana saya sampaikan, kemarin statemen kami memang pada PDIP. Manakala ada partai yang simpatik pada kami ya kami mendaftar," katanya.

Sedangkan Don Murdono saat ditanya apakah masih tetap akan menjadi kader PDI Perjuangan atau tidak, ia menyerahkan hal itu pada ketua umum. "Inilah dinamika politik," tuturnya.

Sementara itu Ketua DPW PKS Jawa Tengah, Abdul Fikri Faqih sebagai salah satu partai pengusung mengatakan memang tidak mudah menentukan calon. Namun kedua sosok ini dipercaya memiliki figur dan kesempatan menang yang tinggi. Menurutnya koalisi sejumlah partai ini juga sempat melakukan komunikasi dengan Wakil Gubernur Rustriningsih, namun karena tidak menemukan kesepakatan akhirnya memilih mengusung Hadi Prabowo dan Don Murdono.

"Peluang menangnya besar, jadi sekarang yang dipikirkan bagaimana caranya memenangkan pasangan yang kami usung," jelasnya.

Hingga ditutupnya pendaftaran, terdapat tiga bakal calon yang sudah mendaftar pada Pilgub Jateng. Ketiga bakal calon yang mendaftar yakni Gubernur petahana Bibit Waluyo dan Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo, anggota DPR RI Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko serta Sekda Jateng Hadi Prabowo dan Bupati Sumedang Don Murdono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com