Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar ke KPUD, Ganjar-Heru Diantar Wayang dan Barongsai

Kompas.com - 05/03/2013, 22:12 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -- Pasangan bakal calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah 2013-2018 yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko resmi mendaftar ke KPU Jawa Tengah, Selasa (5/3/2013). Pendaftaran pasangan ini hanya selang empat jam sebelum pendaftaran cagub dan cawagub ditutup pada pukul 24.00 WIB.

Keduanya diantar oleh ratusan pendukung dan simpatisan. Tampak sejumlah simpatisan mengenakan kostum wayang serta ada iringan dari kelompok barongsai. Sejumlah simpatisan terus meneriakkan "Hidup Ganjar" dalam perjalanan menuju KPUD di Jalan Veteran.

Anggota DPR RI, Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmoko hanya diusung oleh PDI Perjuangan, karena partai tersebut memiliki 23 kursi di DPRD Provinsi Jawa Tengah, sehingga KPUD Jawa Tengah menyatakan memenuhi syarat.

Berkas pendaftaran pasangan ini diterima langsung oleh Ketua KPUD Jawa Tengah, Fajar Saka. Seusai melakukan pendaftaran, sejumlah orang dari perwakilan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) datang dan menyatakan dukungannya pada pasangan Ganjar-Heru. Pada kesempatan itu, Ganjar menyatakan optimistis bisa menang dalam Pilkada Jateng. Hal ini ungkapnya dilihat dari kekuatan partai.

"Dengan kalkulasi yang ada, yakin bisa satu putaran," ujarnya.

Saat ditanya mengapa pendaftaran dilakukan di hari terakhir, Ganjar mengatakan PDI Perjuangan memang memilih hari Selasa ini. "Ya, tanya KPU kenapa terakhir hari ini, tapi kata orang Jawa, hari ini hari baik untuk mendaftar," katanya sembari tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com