Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

PDI-P Usung Ganjar Pranowo sebagai Cagub Jateng

Selasa, 5 Maret 2013 | 19:34 WIB

Terkait

SEMARANG, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akhirnya secara resmi mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah 2013-2018. Pasangan yang dipilih yakni anggota DPR RI Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko.

Pembacaan rekomendasi dilakukan di Panti Marhen Jawa Tengah, Jalan Brigjend Katamso Semarang, Selasa (5/3/2013) malam.

Sekretaris DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan memang cukup lama untuk menentukan sebab PDI-P mengharapkan pemimpin yang terbaik.

Ganjar Pranowo merupakan putra asli Jawa Tengah kelahiran Karanganyar. Ganjar dianggap memiliki figur pemimpin seperti apa yang diinginkan PDI-P dan telah lolos dalam setiap penilaian yang dilakukan partai.

"Kita ingin figur yang benar-benar konsisten. Figur yang tidak mencla-mencle, bisa digugu dan ditiru, baik dari sikap maupun tindakan," tandasnya.

Penetapan pasangan ini diawali dari 22 calon, kemudian menjadi 8 calon melalui penyaringan yang sangat ketat. Rekomendasi ditandatangani tepat pukul 12.00 WIB oleh Megawati Soekarnoputri di DPP PDI Perjuangan.

Tjahjo mengatakan, penetapan ini diharapkan bisa ditaati oleh seluruh kader PDI Perjuangan. Jika tidak, akan ada sanksi tersendiri.

Pasangan Ganjar dan Heru kemudian dibawa ke kantor KPU Jawa Tengah untuk didaftarkan dengan diarak sejumlah orang berkostum wayang setelah pemotongan tumpeng dan doa bersama. Saat pendaftaran, di dalam ruangan berkali-kali terdengar teriakan "Hidup Ganjar".

Nama Ganjar baru menguat beberapa saat sebelum pendaftaran berakhir hari ini. Sebelumnya, nama wakil gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang juga dikenal sebagai kader PDI-P juga disebut-sebut salah satu calon PDI-P.


Penulis: Kontributor Semarang, Puji Utami
Editor : Tri Wahono