Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolsek Bulukumpa Dinyatakan Tak Terbukti Berselingkuh

Kompas.com - 05/03/2013, 09:47 WIB
Kontributor Bulukumba, Rini Putri

Penulis

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Pejabat sementara Kapolsek Bulukumpa Iptu Briston Napitupulu dinyatakan tidak terbukti berselingkuh dengan Andi Nuraina, istri bawahannya, Bripka Raifuddin.

Putusan itu dikeluarkan setelah Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawesi dan Barat (Sulselbar) menggelar sidang displin. Dalam sidang tersebut, Briston hanya dikenai pelanggaran dispilin dan dinyatakan bersalah melanggar Peraturan Pemerintah (PP) No 2/2003 tentang disiplin anggota Polri.

"Hasil pemeriksaan tidak ada hubungan spesial di antara Briston dan istri Rafiuddin, Andi Nurainna. Mereka sudah saling mengenal satu sama lain dan akrab layaknya keluarga dekat. Yang kami proses hanya pelanggaran disiplinnya saja," kata Kabid Humas Polda Sulselbar, Kombes Pol Endi Sutendi, yang dihubungi, Senin (4/3/2013) malam.

Endi menjelaskan, dalam sidang disiplin pimpinan Kabid Propam, Kombes Pol Hendi Handoko didampingi AKBP Subandi dan AKBP Iskandar, Iptu Briston dikenai tiga sanksi.

Sanksi pertama adalah penundaan kenaikan pangkat paling lama dua periode. Kedua, diberhentikan dari jabatan sebagai Pejabat sementara Kapolsek Bulukumpa dan dipindahkan ke kesatuan lain tanpa jabatan. Dia juga ditahan di tempat khusus dalam rumah tahanan Mako Brimob Polda Sulslebar.

"Vonisnya sesuai tuntutan penuntut, AKBP Haseng. Ini hukuman terberat untuk pelanggaran disiplin anggota Polri," tegas Endi.

Endi mengaku belum tahu pasti penempatan selanjutnya Iptu Briston. "Belum pasti di mana, tapi kemungkinan ditarik ke Polda," paparnya.

Iptu Briston Napitupulu yang dimintai tanggapan atas vonis tersebut mengaku pasrah dan menerima keputusan dari institusinya itu, meskipun dia yakin tidak melakukan pelanggaran yang didakwakan padanya.

"Sebenarnya saya kecewa, tapi ini sudah kebijakan pimpinan dan institusi Polri. Jadi iklas saja dengan semuanya. Mungkin ini yang terbaik dan jadi pembelajaran buat saya," kata Briston.

Sebelumnya diberitakan, Iptu Briston Napitupulu dituding Bripka Raifuddin berselingkuh dengan istrinya. Namun Briston membantah tuduhan itu dan menyebutnya fitnah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com