Jumat, 22 Agustus 2014

News / Regional

Eggi Klaim Kumpulkan 10 Juta Dukungan KTP

Senin, 4 Maret 2013 | 20:30 WIB

Terkait

SURABAYA, KOMPAS.com -- Bakal calon gubernur Jawa Timur dari jalur independen, Eggi Sudjana hingga kini mengaku sudah memiliki 10 juta dukungan suara dari berbagai daerah di Jatim. Jumlah itu diyakini terus bertambah hingga menjelang masa pendaftaran Cagub Jatim, April nanti.

Dari 10 juta dukungan warga Jatim berupa salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dikumpulkan itu, sebanyak 1 juta di antaranya sudah diverifikasi secara internal, dan direkap oleh timnya. Sementara 9 juta lainnya masih tahap validasi.

''Saya yakin akan mampu memenuhi syarat 1,2 juta dukungan warga Jatim, bahkan melampauinya,'' jelas mantan pengacara Bupati Garut, Aceng Fikri ini Senin (4/3/2013).

Eggi yang mengaku belum mendapat nama cawagub ini sejak awal Januari lalu sudah menyisir sejumlah daerah di Jatim untuk menggalang dukungan. Awal pekan lalu, dia terpantau menggalang dukungan suara di Pamekasan dan Sumenep, Madura. Jika terpilih menjadi gubernur Jatim nanti, Eggi menjanjikan perubahan secara cepat.

''Saya akan memaksimalkan fungsi pemimpin, merombak sistem birokrasi, dan memaksimalkan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat,'' ujarnya.

Majunya warga Jawa Barat yang juga Presiden Suara Independen Rakyat Indonesia (SIRI) sebagai cagub Jatim ini didukung sejumlah elemen seperti Kongres Advokat Indonesia Jatim, Laskar Pancasila Jatim, Pekerja Muslim Indonesia, dan Pos Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jatim.

Calon pasangan cagub-cawagub jalur independen menurut KPU Jatim harus memperoleh dukungan 3 persen dari total jumlah pemilih. KPU memperkirakan Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu Jatim pada Pilgub nanti sekitar 40 juta pemilih, artinya jumlah minimal dukungan yang harus dikumpulkan adalah 1,2 juta dukungan pemilih.


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Farid Assifa