Senin, 1 September 2014

News / Regional

Kompas Gramedia Gandeng Tiga Kampus di Yogyakarta

Senin, 4 Maret 2013 | 15:16 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com — Kompas Gramedia menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi besar di Yogyakarta. Ketiganya adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN (STIE YKPN), dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (USD).

Hubungan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama yang dilakukan berturut-turut dengan masing-masing pihak rektorat pada Senin (4/3/2013).

"Kerja sama ini tidak hanya terbatas pada bidang rekrutmen saja, tetapi juga terbuka untuk kerja sama lainnya, apakah itu penelitian, magang, dan lain-lain," kata Direktur Corporate Human Resource Kompas Gramedia Sigit Suryanto ketika berada di kampus UAJY.

Setiap tahun paling tidak Kompas Gramedia menyediakan lowongan kerja dari 1.000 hingga 2.000 lowongan yang terdapat di seluruh unit usaha dan tersebar di seluruh Indonesia.

Sigit memaparkan, dengan pesatnya pertumbuhan, perusahaan terus melakukan ekspansi. Sayangnya, banyaknya lowongan kerja dan cepatnya perkembangan perusahaan belum diimbangi oleh ketersediaan tenaga kerja yang andal sehingga lahir apa yang dinamakan talent war. Yang terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja.

"Untuk hard skill tidak masalah, sebagian besar IPK-nya saja sudah di atas tiga. Yang menjadi masalah soft skill-nya, pola pikir, motivasi, daya juang, dan lain-lain perlu dipikirkan oleh para pencari kerja karena secara kuantitas memang banyak, tetapi kompetisinya juga semakin tinggi," katanya.

Sementara itu, Rektor UAJY Dr R Maryatmo MA menyambut baik jalinan kerja sama tersebut. Ia berharap banyak peluang yang bisa digunakan oleh para lulusan, termasuk di antaranya publikasi karya-karya ilmiah. "Selama ini, banyak karya ilmiah yang tidak terpublikasikan. Semoga kerja sama ini bisa menjadi media untuk menyampaikannya kepada masyarakat," katanya.

Setelah kunjungan ke UAJY, tim Kompas Gramedia kemudian melanjutkan penandatanganan MOU lainnya, bersama dengan STIE UAJY dan USD Yogyakarta.


Editor : Kistyarini
Sumber: