Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Kepala Sekolah Ditingkatkan

Kompas.com - 02/03/2013, 13:48 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Putera Sampoerna Foundation melalui School Development Outreach (PSF-SDO) melaksanakan acara Educators Sharing Network (ESN) untuk meningkatkan kapasitas kepala sekolah.

Program ESN merupakan sebuah forum diskusi tempat kepala sekolah berbagi pengalaman dan pengetahuan serta berdiskusi mengenai tantangan yang dihadapi dunia pendidikan dan komunitas di sekitar sekolah.

"ESN bertujuan memberi kesempatan bagi para kepala sekolah untuk menyebarluaskan ilmu yang mereka peroleh dari lima fase Program Kepemimpinan serta mengajak berbagai elemen masyarakat, khususnya komunitas di sekitar sekolah, untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata Director Putera Sampoerna Foundation Ari Kunwidodo, Sabtu (2/3/2013), di Jakarta.

Dalam forum diskusi ESN, para kepala sekolah berinteraksi dengan lebih dari 90 peserta yang terdiri dari orangtua/wali siswa, dinas pendidikan setempat, komite sekolah, dan guru nonpeserta. Acara serupa juga telah dilaksanakan di tiga wilayah lainnya, yaitu Probolinggo, Lumajang, dan Jember.

Para narasumber adalah kepala sekolah dari Pulau Madura, Jawa Timur, yang telah mengikuti Program Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh PSF-SDO dan PT HM Sampoerna Tbk. Program Kepemimpinan ini membekali para kepala sekolah dengan keterampilan manajemen dan kemampuan kepemimpinan selama lima fase program di Pamekasan, Madura.

Sejak 2008 sampai 2011, PSF-SDO telah melaksanakan pemberdayaan komunitas pendidikan lokal dengan mengadakan Program Peningkatan Profesionalisme Guru dan Kepala Sekolah di Kabupaten Karawang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. Pesertanya telah mencapai 15.194 orang guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com