Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Etnis Rohingya Terdampar di Aceh

Kompas.com - 01/03/2013, 17:30 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Rombongan imigran ilegal etnis Rohingya kembali terdampar di perairan Aceh dan diselamatkan warga. Sepekan lalu, 121 warga etnis Rohingya terdampar di perairan Aceh utara. Pada Kamis (28/2/2013) malam, 63 imigran ditemukan di perairan Idi, Kabupaten Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur AKBP Muhajir, mengatakan, 63 imigran etnis Rohingya tersebut terdiri dari 14 anak di bawah umur 7 tahun, 9 remaja, 10 perempuan dewasa, dan 30 laki-laki.

Kapolres Muhajir menjelaskan, para warga etnis Rohingya ini ditemukan oleh seorang nelayan Aceh Timur, Kamis sore, sekitar 100 mil dari kawasan pantai Aceh Timur. Nelayan itu bernama Jamaluddin (35) bersama teman-temannya yang saat itu sedang menggunakan kapal KM Fachri untuk berlayar mencari ikan.

"Jadi, para nelayan ini menemukan sebuah boat tanpa mesin terapung-apung dan setelah didekati, ternyata ada banyak orang di dalamnya, dan kemudian mereka menarik kapal ini ke Kuala Idi," jelas Muhajir kepada Kompas.com via sambungan telepon dari Banda Aceh, Jumat (1/3/2013).

Saat ditemukan, sebut Muhajir, para imigran terlihat dalam kondisi lemas dan mengalami dehidrasi. Saat ini, para imigran ini ditampung di kantor UPTD perikanan dan kelautan Aceh Timur, yang berlokasi di Kota Langsa.

"Kami sedang berkoordinasi dengan pihak Imigrasi dan pemerintah daerah setempat untuk penanganan dan pertolongan pertama, baik untuk medis maupun kebutuhan pangan," ujar Kapolres Muhajir.

Warga etnis Rohingya yang terdampar di Aceh merupakan peristiwa yang kelima dalam lima tahun terakhir ini. Pada Januari 2009 lalu, 197 etnis Rohingya terdampar di perairan Sabang, lalu pada tahun yang sama, 127 lainnya terempas di perairan Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Selanjutnya pada 1 Februari 2012, sebanyak 54 warga Rohingya terdampar di perairan Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, dan pada 26 Februari 2013, sebanyak 121 warga Rohingya terdampar di Aceh Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com